Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Bersahabat dengan Perubahan

Baca : Matius 8 : 23 – 27
Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. (Matius 8 : 24)

Saya bekerja di bagian administrasi sebuah dealer sepeda motor. Dalam keseharian saya bekerja, selalu ada perubahan yang terjadi dalam tugas yang saya kerjakan. Perubahan itu misalnya kadang harga-harga sepeda motor mengalami perubahan karena kondisi pasar yang naik turun. Motor yang harganya semula 16 juta bisa naik 17 juta, atau bahkan turun 15 juta, sehingga perhitungan bunga pun berbeda. Perubahan yang lain misalnya ada salah satu rekan yang cuti melahirkan, dan saya mendapat tugas mengantikannya. Pernah pula ada rekan yang mengundurkan diri dan masuk rekan baru, saya harus memulai satu hubungan kerja sama yang baru dengannya dan bersahabat dengannya.

Sobat Muda, perubahan akan selalu ada dalam berbagai sisi kehidupan kita, sehingga nggak perlu takut atau benci dengan perubahan. Murid-murid Yesus pernah ketakutan saat danau yang tenang dan membuat Yesus tertidur pulas di atas perahu tiba-tiba berubah menjadi liar karena angin ribut. Mereka berusaha sekuat tenaga bertahan karena sebagian adalah nelayan, namun gagal sehingga mereka pikir akan mati ditelan gelombang. Yesus pun akhirnya bangun, menegur mereka, dan meredakan angin itu. Secara tersirat peristiwa ini mengajar kita semua agar jangan pernah takut dengan perubahan yang kita tahu pasti terjadi atau tiba-tiba terjadi tanpa kita duga karena Tuhan selalu menyertai. Tuhan memang biarkan kita susah atau harus berjuang saat perubahan atau situasi sulit itu datang, namun Tuhan tak akan pernah biarkan kita dibinasakan oleh perubahan itu. Justru melalui berbagai perubahan yang datang silih berganti, Tuhan ingin kita semakin menggenal Dia dan berjuang dengan sungguh-sungguh saat bergumul dengan perubahan.

Apapun perubahan yang terjadi dalam hidupmu saat ini, tetaplah kuat dan percaya Tuhan selalu besertamu. Badai masalah dan kesusahan boleh membuatmu harus berjuang sekuat tenaga agar bisa bertahan, namun jangan pernah menganggap Tuhan tak pernah turut campur dalam hidupmu. Bersama Tuhan, kamu akan selalu mampu menghadapi perubahan dan bertumbuh semakin lebih berkualitas baik secara jasmani maupun rohani. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Jumat, 3 Mei 2013
Pertanyaan    : Apakah saya bersahabat dengan perubahan?
Aplikasi          : Kenalilah Tuhan lebih dalam.
Doa                 : Tuhan, ajar kami semakin mengenal-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar