Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Kamu Sangat Berguna

Baca : Matius 25 : 14 – 30
Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. (Matius 25 : 15)

Di sebuah kapal kargo yang tengah berlayar, ada 4 ekor hewan yang menumpang yaitu ayam, gajah, harimau dan tikus. Saat keempatnya berkumpul, ayam memamerkan kehebatannya bertelur dan dagingnya yang lezat. Gajah menyombongkan kekuatan. Harimau tak mau kalah dengan berkata ia sumber pemasukan pemilik sirkus. Sedangkan tikus hanya diam sehingga ketiga kawannya mengejeknya. Suatu hari kapal itu mengalami kebocoran. Keempat hewan itu dan kru kapal panik. Mereka tidak tahu apa yang akan mereka lakukan karena titik kebocoran di tempat tersembunyi padahal kapal semakin tenggelam. Tikus mengambil inisiatif bertindak. Dengan tubuh mungilnya ia mudah masuk ke sela-sela kayu untuk menemukan sumber kebocoran. Akhirnya kapal dapat diselamatkan. Ketiga temannya pun malu karena telah mengejek tikus.

Girls, nggak ada orang bodoh atau nggak bisa apa-apa sehingga jangan pernah minder kalau kamu saat ini sering diejek karena nggak bisa melakukan sesuatu yang bisa dilakukan banyak orang. Jangan juga suka menghina kekurangan orang lain karena ia tidak bisa melakukan apa yang bisa kamu lakukan. Perumpamaan tentang talenta secara tersirat menunjukkan Tuhan itu adil. Semua orang sesungguhnya ada berkatnya sendiri-sendiri dan orang itu pasti berkecukupan, bahkan berkelimpahan kalau mau menjalankan talentanya. Oleh karena itu semua orang pasti bisa melakukan sesuatu yang luar biasa, sekalipun dia hanya bisa melakukan satu hal. Nggak semua orang jago menghibur orang tua yang sudah sepuh, nggak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik, nggak semua orang bisa menjahit, nggak semua orang bisa menjadi tukang cukur. Banyak orang minder dengan dirinya karena hanya fokus pada kekurangannya. Di sisi lain, banyak orang sombong dan suka menghina karena hanya fokus pada dirinya dan tidak bisa melihat kelebihan orang lain.

Yuk, kita menjadi pribadi yang semangat dalam memaksimalkan talenta apapun yang dipercayakan Tuhan dan jangan pernah menghina siapapun yang sepertinya bodoh dan tak bisa apa-apa. Kita semua spesial dan pintar karena kita ciptaan Tuhan. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Minggu, 26 Mei 2013
Pertanyaan    : Apakah saya pribadi yang semangat dalam memaksimalkan talenta?
Aplikasi          : Jangan pernah menghina siapapun.
Doa                 : Tuhan, ajar saya menghargai diri sendiri dan orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar