Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Sortir dan Buang

Baca : Filipi 4 : 2 – 9
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4 : 8)

Setiap hari sebagian kita membawa tas untuk bekerja atau kuliah. Jika ada waktu luang, cobalah bongkar isi tas kita. Ternyata, kadang-kadang separuh dari isi tas itu adalah barang-barang yang sudang tidak kita perlukan seperti struk ATM yang sudah buram, bungkus tisu, agenda yang jarang dibaca, recehan yang kotor, ballpoint yamg sudah macet, camilan yang tinggal separuh, kumpulan tagihan kartu kredit, dan sebagainya. Meski mungkin ringan, tetapi umumnya barang-barang yang tidak diperlukan membebani tas kita. Sebaiknya sortir dan buang barang-barang yang sudah tidak berguna tersebut.

Dalam menjalani hidup, sering tanpa sadar pikiran kita pun selalu dibebani hal-hal yang tidak penting atau usang seperti masa lalu yang buruk, rasa marah iri dan dengki kepada rekan kerja, kegagalan menyakinkan orang tertentu, atau rasa malu. Efeknya, hari ini kita tidak berani melakukan sesuatu yang seharusnya kita lakukan dan membuat kita semakin sukses. Paulus menasehati kita memikirkan segala sesuatu yang baik bukan tanpa alasan, namun supaya nyaman dengan hidup kita sendiri dan mencintai berbagai peristiwa yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita. Kalau dalam pikiran kita hanya memberikan ruang bagi segala sesuatu yang mulia, yang adil, yang suci, yang manis, maka dalam tindakan nyata pun pasti kita menghasilkan hal-hal tersebut. Namun kalau pikiran berisi kemarahan, kecemasan, kegagalan, malu, dan aneka hal negatif, jangan heran kita akan melakukan tindakan negatif dan menuai hasil negatif. Kita pun membuang cukup banyak energi untuk hal-hal yang sebetulnya tidak perlu diurus dan seharusnya sudah dibuang jauh-jauh hari.

Mari koreksi isi pikiran, melakukan sortir dan buang segala beban pikiran yang selama ini menghambat kita untuk maju jasmani dan rohani. Jangan pernah berikan ruang bagi hal-hal negatif yang membuat kita kurang puas dengan kondisi yang ada, namun berikan sebanyak mungkin ruang untuk berbagai hal positif yang Tuhan berikan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Woman – Sabtu, 15 Desember 2012
Pertanyaan    : Apakah saya selalu membersihkan pikiran saya?
Aplikasi          : Selalu koreksi pikiran.
Doa                 : Tuhan, bimbing kami untuk selalu menjaga pikiran kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar