Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Berkat dalam Bencana

 Baca : Kejadian 50 : 15 – 21
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. (Kejadian 50 : 20)

Tak ada yang tahu kalau Petra Anderson (22) memiliki "cacat" dalam otaknya karena tampak tak berbeda dengan rekannya yang lain. ia menonton film The Dark Knight Rises pada pemutaran perdana di sebuah bioskop di Aurora, Colorado, Amerika (12/07/2012). Malangnya, ia menjadi salah satu korban penembakan oleh James Eagan Holmes yang menewaskan 12 orang. Petra tertembak empat kali, tiga di lengan dan bahunya, satu peluru mengenai hidungnya. Ia dibawa ke rumah sakit dengan harapan hidup tipis. Operasi pun dilakukan. Ternyata selama operasi tim dokter dikejutkan dengan kondisi yang mereka temukan. Ketika peluru mengenai hidung Petra, peluru kecil itu tak berhenti di batang hidungnya. Peluru itu bergerak menembus otaknya. Di sinilah keajaiban terjadi. Ternyata otak Petra memiliki sebuah saluran yang aneh. Saluran itu penuh cairan. Ini cacat otak bawaan. Namun justru itulah yang menyelamatkan nyawanya. Seandainya otaknya tak memiliki kelainan, ia bisa tewas.

Apakah hari ini Anda sedang bersusah hati karena keluarga atau diri Anda tertimpa musibah? Jangan buru-buru menganggap Tuhan tidak mengasihi Anda atau musibah yang terjadi benar-benar mendatangkan celaka buat Anda. Tuhan sering kali memakai musibah untuk menunjukkan kuasa-Nya. Tuhan mendewasakan karakter kita melalui bencana, bahkan Tuhan bisa gunakan bencana supaya kita bisa menjadi berkat buat banyak orang. Yusuf harus terlebih dalam mengalami masa-masa sulit selama tiga belas tahun yaitu saat ia dijual oleh saudara-saudaranya dan dikatakan mati, hidup di negeri yang jauh sebagai budak dan narapidana, diabaikan oleh orang-orang yang ditolongnya, dan hidup dalam penjara yang pengap dan panas. Bisa saja Yusuf memilih berpikir negatif dan membalas dendam kepada saudara-saudaranya yang kini tak berdaya. Namun Yusuf memilih berpikiran positif dan melihat beberapa pengalaman pahit yang ia alami sebagai rencana Tuhan yang indah.

Tetaplah semangat dan lakukan yang terbaik meskipun Anda sedang kesusahan karena ditimpa musibah. Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang baik melalui musibah yang Anda alami. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit – Jumat, 18 Januari 2013

Pertanyaan    : Apa yang membuat saya merasa Tuhan tak mengasihi saya?
Aplikasi          : Berpikir positif.
Doa                 : Bantu kami untuk tetap semangat di tengah kesulitan yang terjadi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar