Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Harga sebuah Nama

Baca : Pengkhotbah 7 : 1
Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. (Amsal 22 : 1)

Mantan juara tinju kelas berat dunia, Mohammad Ali, pernah mendapat bayaran puluhan juta dolar hanya karena namanya. Perusahaan hiburan yang berbasis di New York, CKX, membayar uang sebesar $ 50 juta untuk membeli 80 persen hak paten atas image Ali, sedangkan 20 persen sisanya tetap menjadi milik Ali dan keluarganya. Meski saat ini Ali mengidap Parkinson dan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, banyak orang tetap menghormatinya karena prestasi yang dahulu pernah ia buat sebagai petinju, dan berbagai kegiatan sosial yang diikutinya.

WANITA, apakah kita menghargai nama kita dengan selalu melakukan tindakan yang sesuai dengan kebenaran firman? Saat ini banyak orang sudah tidak mau menghargai nama atau dirinya sendiri dengan menghalalkan dosa. Sebagian orang sudah tak malu lagi korupsi sehingga telinga kita sudah biasa mendengar si A atau si B menjalani sidang dengan tuduhan korupsi. Orang makin cinta uang dan menghalalkan segala cara agar bisa kaya, sehingga rela nama baiknya hancur karena terbukti memakai uang yang bukan miliknya. Walau terkesan remeh, Firman Tuhan berkata nama baik itu lebih berharga daripada kekayaan besar, dan itu memang nyata-nyata terjadi. Mohammad Ali adalah salah satu contohnya.

Nama kita akan dihargai Tuhan dan manusia dengan tinggi ditentukan dari cara kita menjalani hidup, oleh karenanya jangan mempertaruhkan nama baik demi mendapatkan keuntungan sesaat atau sejumlah uang tertentu. Berpikirlah jauh ke depan sehingga kita tidak sembarangan mengambil tindakan yang akibatnya bisa mencemarkan nama Tuhan dan diri kita sendiri. Kelak saat kita beranak cucu, nama kita pun sangat memberikan pengaruh dalam kehidupan mereka. Selalu lakukan perbuatan yang sesuai kebenaran firman agar nama kita dikenang sebagai seorang Kristiani yang luar biasa. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 22 Januari 2013
Pertanyaan    : Seberapa berharga nama saya?
Aplikasi          : Jalani hidup dengan cara yang benar.
Doa                 : Bimbinglah aku Tuhan untuk selalu menjaga reputasiku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar