Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Anak Pemberani

Baca : I Korintus 13 : 1 – 13
Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. (I Korintus 13 : 6)

Mahatma Gandhi (1869 – 1948) adalah salah satu tokoh dunia yang terkenal menentang keras penjajahan dan diskriminasi ras. Namun tahukah kamu bahwa pada masa kecilnya beliau sangat penakut sehingga mendapat julukan si anak penakut? Julukan ini memang benar karena Gandhi kecil punya begitu banyak ketakutan dan pemalu. Ia sangat takut pada pencuri, setan, dan ular. Setiap malam ia selalu mengunci pintu kamarnya dan tidur dengan lampu menyala. Meski begitu, ia sebetulnya pemberani.

Satu hari saat ia mengantarkan berkas bapaknya yang ketinggalan di rumah, ia melewati pasar. Di situ ia melihat beberapa anak dari kasta Sudra dicaci maki oleh teman ayahnya di depan restoran miliknya. Tidak terima dengan hal ini, Gandhi kecil yang berasal dari kasta Vaisya berteriak kencang menentang perlakuan orang ini. Gandhi tidak malu dirinya diperhatikan orang banyak dan mendapat julukan anak aneh. Gandhi ingin setiap orang mendapat perlakuan yang sama. Hal inilah yang mendorongnya kelak menjadi pengacara dan mau berjuang dengan gigih demi kemerdekaan India dan persamaan hak.

Jagoan Kristus, apakah kamu merasa dirimu pengecut karena takut beberapa hal yang terkesan sepele? Jika ya, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan sesuatu yang besar. Saat kamu melihat ketidakadilan dan menentangnya, sebetulnya kamu adalah anak pemberani. Kalau kamu berani membela temanmu yang dilecehkan karena ras, kalau kamu berani membela temanmu yang dituduh mencuri padahal tidak mencuri, atau kamu berani tidak mencontek saat sebagian temanmu nyontek, kamu anak pemberani dan sudah melakukan kasih. Karena salah satu ciri kasih adalah tidak bersukacita karena ketidakadilan. Jangan risaukan ejekan teman-temanmu dan beranilah bersukacita karena kebenaran. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit – Selasa, 29 Januari 2013

Pertanyaan    : Apa saja hal-hal yang saya takuti?
Aplikasi          : Jangan takut melakukan sesuatu yang benar.
Doa                 : Bimbing saya Tuhan untuk berani mencoba. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar