Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Alkitab

Baca : II Timotius 3 : 16 – 17
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (II Timotius 3 : 16)

Tahukah Anda bahwa Alkitab yang setiap hari kita baca merupakan gabungan dari 66 buku, terdiri dari 30 ribu ayat, ditulis dalam 3 bahasa, oleh 40 orang penulis yang berbeda, dalam waktu kurang lebih 1500 tahun? Sebagian besar penulisnya tidak saling mengenal karena hidup di zaman yang berbeda, mereka pun berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari rakyat biasa, rasul, sampai raja. Meski berbeda-beda, namun satu sama lain tulisannya sejalan, saling berkaitan  dan tidak bertentangan.

WANITA, apa pengaruh Alkitab buat hidup Anda? Mengapa Tuhan membuat Alkitab melalui perpanjangan tangan para penulis dari berbagai zaman? Karena Tuhan ingin kita menjadi pribadi yang tidak hanya sekedar percaya Yesus, namun tidak mengalami pertumbuhan. Alkitab dibuat dengan tujuan untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Jadi kalau selama ini kita rajin baca Alkitab, namun kelakuan kita tidak berubah, berarti ada yang salah dengan diri kita. Kalau selama ini kita sudah ″kenyang″ menerima pengajaran dari para hamba Tuhan, namun malas mempraktekkan kebenaran firman, berarti kita hanya sekedar mendengar namun tidak mau melakukan. Kalau selama ini kita sudah memiliki kebiasaan membaca Alkitab, itu baik. Namun alangkah lebih baik kalau kita juga melakukan apa yang Alkitab tulis semuanya, bukan hanya ayat-ayat tertentu yang bagi kita menyenangkan, namun menghindari melakukan perintah-perintah yang bagi kita sulit dan tidak nyaman buat daging kita. Alkitab bukan sekedar buku yang hanya berfungsi sebagai bacaan, namun untuk mengarahkan kita agar dari ke hari semakin serupa dengan Yesus.

Alkitab hanya bisa memberikan pengaruh luar biasa dalam hidup Anda kalau Anda mau mempraktekkan semua isinya dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan sudah sediakan Alkitab untuk membangun hubungan yang indah antara kita dengan Tuhan maupun hubungan kita dengan sesama, pakai Alkitab sebagai panduan untuk kita melakukan segala sesuatu. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Minggu, 20 Januari 2013
Pertanyaan    : Apa pengaruh Alkitab buat saya?
Aplikasi          : Praktekkan apa yang Alkitab ajarkan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menerapkan segala perintah-Mu yang sudah Engkau tuliskan di Alkitab. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar