Website counter

Sabtu, 05 Januari 2013

Pertanyaan dan Jawaban

Baca : I Korintus 10 : 11 – 13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (I Korintus 10 : 13)

Sebagai guru privat anak-anak SD, saya kerap memberikan berbagai pertanyaan untuk menguji sejauh mana kemampuan anak didik saya. Menjelang ujian kenaikan kelas, saya biasa memberikan 30 sampai 40 soal untuk mereka kerjakan. Sebelum memberikan soal, saya pasti sudah tahu apa jawaban untuk soal yang saya berikan. Sehingga kalau ada murid berkata ia tidak bisa atau soal itu tidak ada jawabannya, saya kembali mengajarinya dan berkata soal itu ada jawabannya.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, ketika Tuhan mengizinkan sebuah persoalan datang dalam hidup kita, maka sesungguhnya Dia sudah punya jawaban untuk persoalan itu. Tuhan tak pernah membiarkan kita menghadapi satu masalah tanpa solusi. Lalu kenapa kadang kita merasa masalah kita tak ada solusinya, terlalu berat dan sukar, dan seterusnya? Karena kita malas untuk berusaha, malas untuk minta nasihat kepada saudara seiman yang rohani, tidak mau bersusah payah berusaha. Sesulit apapun masalah yang kita hadapi, sebetulnya kita sanggup menanggungnya karena Tuhan sangat tahu kemampuan kita. Namun ada sebagian kita tak sanggup dan jatuh karena pikiran kita sudah berkata masalah ini sulit dan berat, sehingga kita kesulitan dan keberatan mengerjakannya. Oleh karena itu, melalui firman hari ini kita semua diingatkan agar jangan menjadi orang yang mudah mengeluh, inginnya semuanya serba mudah dan cepat, serta menganggap masalah diri sendiri yang paling berat.

Selalu ada jawaban dan jalan keluar untuk persoalan sesulit apapun yang kita hadapi saat ini. Kuatkan hati dan jangan hanya fokus pada diri sendiri, maka kita pasti mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan hasil yang gemilang. Tuhan menyediakan jawaban untuk setiap persoalan yang kita hadapi. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Selasa, 8 Januari 2013
Pertanyaan    : Persoalan apa saat ini yang buat saya begitu berat?
Aplikasi          : Jangan fokus pada diri sendiri.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk solusi yang telah Engkau sediakan untuk setiap masalahku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar