Website counter

Kamis, 31 Januari 2013

Pola Hidup

Baca : Daniel 1 : 1 – 21
Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. (Daniel 1 : 14)

Setiap kali melihat sirkus sewaktu saya kecil, saya selalu dibuat terkagum-kagum oleh hewan-hewan yang beraksi. Ada harimau yang tunduk pada pawangnya untuk melompati lingkaran api, ada monyet bisa naik sepeda, atau ada anjing yang bisa berjoget layaknya manusia. binatang-binatang ini bisa bertingkah laku seperti manusia karena sejak kecil mereka dididik dengan disiplin oleh pelatihnya. Setiap hari binatang-binatang ini dilatih untuk taat pada pawangnya dan memiliki ketrampilan tertentu yang akan selalu mereka ingat sampai mati. Kalau mereka tak mau patuh, maka pukulan cambuk yang mereka terima Sehingga saat cambuk diayunkan mereka akan patuh pada perintah.

Pola hidup yang disiplin membuat binatang yang bisa mengerti dan patuh akan instruksi pelatihnya. Lalu bagaimana dengan kita sebagai mahluk Tuhan yang paling mulia? Kita pun bisa menjadi manusia yang hebat kalau mau mendisiplin diri memiliki pola hidup yang berkualitas dan produktif. Saat membaca kisah Daniel, kita terkagum-kagum melihat bagaimana Allah memberkati mereka dengan otak yang kecerdasan di atas rata-rata. Namun sadarkah kita bahwa berkat Tuhan itu bisa tercurah karena mereka berempat memiliki pola hidup yang benar. Ketika orang-orang muda pilihan lain makan makanan raja, mereka mendisiplin diri untuk makan sayur dan minum air. Bukan apa yang mereka makan yang membuat Tuhan disukakan, namun karena mereka tak mau menajiskan diri. Mereka menjaga pola hidup mereka tetap kudus di hadapan Tuhan, sehingga Tuhan pun tak segan-segan melimpahi mereka hikmat akal budi dan kedudukan.

Sahabat Rema, mari membiasakan diri mentaati firman Tuhan daripada keinginan daging. Mulailah menghitung apa saja pola hidup kita yang membuat kita tidak bertumbuh. Putuskanlah berubah mulai malam ini dan menindaklanjutinya dalam tindakan esok hari. Memang sulit mengubah kebiasaan buruk, namun pasti bisa. Selama ada kemauan dan usaha, kita pasti bisa untuk berubah. Pola hidup kita yang berkualitas akan membuat hidup kita berkualitas sehingga memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Malam – Kamis, 25 Januari 2013
Pertanyaan    : Apakah saya membiasakan diri mentaati firman Tuhan?
Aplikasi          : Selama mau berusaha kita pasti bisa berubah.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk penyertaan-Mu dalam usaha kami untuk berubah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar