Website counter

Rabu, 31 Oktober 2012

Menarik Perhatian

Baca : Matius 5 : 13 – 16
Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. (Matius 5 : 14)

Bila kita pergi ke mall di malam hari, pernahkah kita menghitung berapa banyak lampu yang menyala di setiap atapnya? Cukup banyak dan terang. Bahkan untuk baliho-baliho besar di sekitar mall juga dihiasi banyak lampu yang menyala terang. Mengapa pihak mall mau memasang banyak lampu dan mengeluarkan biaya yang sangat besar hanya untuk penerangan? Untuk menarik perhatian pengunjung. Cobalah bayangkan kalau penerangan di mall ala kadarnya atau terkesan remang-remang, mana ada orang yang mau singgah.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, salah satu fungsi terang adalah menarik perhatian. Orang-orang dunia yang sudah lelah hidup dalam remang-remang atau bahkan kegelapan dosa, akan segera mencari tempat yang terang yaitu kita murid-murid Yesus. Mereka akan menghampiri kita minimal untuk cari tahu mengapa sih hidup kita damai sejahtera dan sepertinya tidak ada masalah. Pertanyaannya adalah, sudahkah hidup kita menjadi terang sehingga menarik perhatian, atau hidup kita sama saja dengan orang dunia sehingga orang-orang melihat hidup kita tidak ada bedanya dengan orang yang non Kristen? Kalau kita tidak mampu memancarkan terang, yaitu hidup seturut kebenaran firman Tuhan, maka kita akan diabaikan. Tapi saat kita sungguh-sungguh konsisten melakukan setiap firman-Nya dalam tindakan sehari-hari, kita akan menarik perhatian.

Sebuah terang hanya akan berfungsi maksimal kalau berada di tempat yang gelap. Oleh karena itu bersyukurlah kalau Tuhan saat ini menempatkan Anda di lingkungan yang penuh dengan pendosa yang belum mau bertobat. Memang tidak nyaman karena Anda pertama-tama akan dianggap aneh dan menjadi pusat perhatian karena tidak mau kompromi dengan dosa. Anda memberikan teladan kebenaran dan tetap konsisten menjadi terang. Lampu di rumah kita tak pernah mengeluh saat terus menyala namun kita malah sibuk baca buku, nonton tv, atau tidur, karena lampu itu tahu ia dihidupkan untuk menyala. Jadilah terang yang membuat Anda menarik perhatian banyak orang datang pada Yesus. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 15 September 2012
Pertanyaan    : Sudahkah hidupku menjadi terang?
Aplikasi          : Jadilah terang melalui hidup kita.
Doa                 : Tuhan, bantu aku untuk menghidupi firman-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar