Website counter

Rabu, 31 Oktober 2012

Bukan Sarjana?

Baca : Kisah Para Rasul 4 : 1 – 22
Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus. (Kisah Para Rasul 4 : 13)

Arthur C Clarke dikenal sebagai salah satu maestro novel fiksi ilmiah. Salah satu karya terkenalnya adalah 2001: A Space Odyssey yang diterbitkan tahun 1968 dan sudah difilmkan. Meski novel-novelnya penuh cerita sains, sebenarnya Arthur bukanlah ilmuwan lulusan universitas terkenal. Ia bahkan tak mampu meneruskan sekolah ke perguruan tinggi setelah tamat SMA karena tak punya biaya. Ia kemudian bekerja sebagai auditor di sebuah lembaga pensiun. Sedangkan ketertarikannya pada sains sudah dimulai sejak SD. Ia menyerap ilmu sainsnya dari majalah sains yang ia baca. Dari situlah pengetahuan sainsnya dibangun. Hal ini membuatnya kemudian bisa bekerja di Royal Air Force (Angkatan Udara Britania Raya) sebagai spesialis radar dan terlibat dalam pengembangan sistem radar Inggris. Dengan latar belakang pengalaman kerjanya itu ia menulis cerita sains fiksi.

Hamba Tuhan, apakah hari ini Anda merasa kurang percaya diri karena mungkin Anda belum mengenyam pendidikan theologia dan takut jemaat tidak akan percaya akan apa yang Anda sampaikan? Jangan takut atau tidak percaya diri karena para rasul di jemaat mula-mula pun bukan sarjana. Petrus dan Yohanes tidak pernah mengenyam pendidikan theologia, mereka pun bukan orang Farisi dan ahli Taurat. Meski begitu, melalui mereka ribuan orang dimenangkan (ayat 4). Apa rahasianya? Karena kuasa Roh Kudus. Saat mereka ijinkan Roh Kudus bekerja dalam diri mereka, Mahkamah Agama pun terheran-heran karena mereka tahu keduanya bukan orang terpelajar, namun sangat jelas memberitakan firman (ayat 13). Tuhan tidak menuntut kita jadi sarjana lebih dahulu atau tahu banyak ilmu ini dan itu untuk jadi hamba-Nya, yang Tuhan mau adalah hati hamba yang siap melayani, sisanya Tuhan akan tambahkan dan cukupkan sehingga kita mampu bekerja.

Mari layani Tuhan dengan sepenuh hati dan semangat walaupun kita bukan sarjana. Para rasul mampu membuat banyak orang percaya pada Tuhan walau mereka bukan orang terpelajar, kita pun pasti bisa karena Roh Kudus bekerja dalam diri kita dan memampukan kita melakukan berbagai perkara besar. • Richard T.G.R


Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Penuai – Jumat, 21 September 2012
Pertanyaan    : Apakah aku minder karena bukan sarjana?
Aplikasi          : Bukan gelar yang memampukan kita, namun Roh Kudus.
Doa                 : Tuhan, ajar saya untuk mengandalkan Engkau, bukan gelar sarjana. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar