Website counter

Rabu, 31 Oktober 2012

Kurang Angin

Baca : Matius 11 : 25 – 30
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. (Matius 11 : 28)

Karena sibuk bekerja, pada suatu saat saya lupa memompa ban sepeda saya. Biasanya seminggu sekali saya memompa kedua ban, namun saya tidak melakukannya selama hampir dua minggu. Akibatnya kedua ban sepeda agak kempes karena kurang angin. Memang masih bisa dinaiki, namun lebih melelahkan karena kayuhan menjadi lebih berat dan kurang lincah untuk berbelok. Setelah saya memompanya, maka kayuhan menjadi lebih ringan dan saya bisa dengan gesit bergerak menggunakan sepeda itu.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, sama seperti sepeda yang kurang nyaman dipakai karena kedua ban yang melekat pada rodanya kurang angin, kita pun bisa letih lesu tak bersemangat dalam menjalani hidup karena mulai kekeringan secara rohani. Saat ini mungkin kita lelah dengan target perusahaan, lelah dengan berbagai masalah rumit di tempat kerja, lelah dengan konflik tertentu dengan satu atau dua rekan. Atau bisa juga kita merasa sia-sia menunggu janji Tuhan tergenapi dalam hidup kita. Ada sangat banyak penyebab untuk kita lemah rohani, dan itu wajar karena kita manusia biasa yang pasti mengalami naik turun. Oleh karena itu Tuhan sudah sediakan solusinya dengan datang kepada-Nya agar kita memperoleh kelegaan. Kita bisa berdoa kepada Tuhan dan mengeluarkan seluruh unek-unek kita. Kita bisa luangkan waktu barang satu atau dua jam untuk menceritakan mengapa kita tidak semangat dengan hidup kita, mengapa kita mulai malas dengan pelayanan, dan lain-lain. Para pahlawan iman pun pernah mengalami masa-masa lemah iman. Daud dan Simson (Ibrani 11:32) pernah jatuh dalam dosa karena lemah iman. Namun mereka bisa kembali pulih sebelum meninggal dunia karena mau datang pada Tuhan.

Lemah iman adalah sesuatu yang wajar, sehingga tidak perlu malu mengalaminya. Saya pun pernah lemah iman, kita semua pernah lemah iman. Namun hendaknya itu tidak kita jadikan alasan untuk mengasihani diri sendiri dan tidak mau kembali semangat. Datanglah pada Tuhan dan meminta kelegaan, maka Tuhan pasti akan berikan kelegaan itu. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Minggu, 16 September 2012
Pertanyaan    : Apa yang saya lakukan saat lemah iman?
Aplikasi          : Datanglah kepada Tuhan saat sedang lemah iman.
Doa                 : Tuhan, tolong pulihkan aku yang saat ini sedang lemah iman. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar