Website counter

Rabu, 31 Oktober 2012

Melawan Rasa Malas

Baca : Amsal 19 : 15
Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak. (Amsal 18 : 9)

Pada waktu saya membuat tulisan ini, jujur saya sedang dihinggapi perasaan malas yang luar biasa untuk menulis. Rasa malas itu muncul begitu saja tanpa perlu saya undang. Akibatnya saya inginnya tiduran sambil nonton tv, untuk bekerja nanti sajalah. Tetapi, saya tak biarkan rasa malas itu membuat saya tidak produktif dan saya memilih kembali duduk di hadapan laptop untuk bekerja kembali, meskipun rasanya sangat tidak nyaman.

WANITA, siapapun kita dan serajin apapun diri kita, pasti kita pernah dihinggapi rasa malas untuk melakukan sesuatu. Penyebabnya macam-macam. Mulai dari pekerjaan yang rasanya monoton, pekerjaan yang kita kerjakan tidak pernah mendapatkan pujian, kita tidak lagi mendapatkan tantangan dari apa yang kita kerjakan, segala sesuatu terkendali sesuai keinginan kita, tidak ada keuntungan yang kita dapat dari sesuatu yang kita kerjakan, dll. Rasa malas adalah keinginan daging yang membujuk kita tak usah susah payah kerja. Rasa malas tidak bisa kita tolak, namun respon kita saat menghadapi rasa malas itulah yang akan sangat menentukan apakah kita menjadi saudara si perusak, atau orang yang memperoleh harta yang berharga. Rasa malas kalau dituruti memang untuk sementara nyaman bagi daging namun untuk jangka waktu lama membuat hidup kita menderita. Rasa malas kalau dilawan dengan tetap bekerja maksimal untuk sementara membuat daging kita menderita, namun di kemudian hari akan membuat hidup kita sejahtera.

WANITA, apakah hari ini rasa malas datang? Lawan rasa malas itu dengan tetap melakukan apa yang harus kita kerjakan. Memang rasanya sangat tidak nyaman buat daging namun itulah yang akan membentuk diri kita menjadi manusia yang rajin dan mendapat hasil. Jangan pernah kompromi dengan godaan malas karena kemalasan hanya akan membuat hati kita dipenuhi keinginan, namun tidak bisa mewujudkannya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Minggu, 2 September 2012
Pertanyaan    : Apa yang biasanya saya lakukan saat rasa malas datang?
Aplikasi          : Jangan pernah kompromi dengan rasa malas.
Doa                 : Tuhan, ajar aku tidak kompromi dengan godaan malas. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar