Website counter

Rabu, 31 Oktober 2012

Atrophia

Baca : Lukas 13 : 6 – 9
Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! (Lukas 13 : 7)

Di kedalaman lautan tertentu, terdapat ikan yang tidak membutuhkan penglihatan sehingga alam telah menyingkirkan mata mereka. Apa pun yang tidak digunakan akan atrophia (terhenti pertumbuhannya), apapun yang digunakan akan menjadi lebih kuat. Orang yang bekerja dengan tangan mereka akan mendapati bahwa lecet-lecet yang ada berubah menjadi kebal dan menjadi lebih keras dan lebih kuat. Orang-orang yang bekerja dengan imajinasi serta kreativitas mereka akan mendapati bahwa gagasan akan mengalir lebih mudah.

WANITA, Tuhan mendesain diri kita sebagai mahluk ciptaan-Nya yang paling mulia salah satu tujuannya adalah agar kita selalu bertumbuh sampai mati. Tuhan sangat tidak senang jika kita menyia-nyiakan atau tidak mau mengolah talenta yang sudah Dia berikan dengan alasan apapun. Misalnya kita sebetulnya jago memasak, namun kita tak mau direpotkan untuk bekerja di dapur gereja saat perayaan Natal. Atau kita sebetulnya jago menghibur orang, namun tak mau ikut pelayanan kasih kunjungan ke panti-panti jompo. Memang betul kita punya talenta dalam beberapa hal, namun kalau kita hanya sekedar tahu dan tak mau mengolah, maka talenta itu akan mati dengan sendirinya. Tuhan sengaja menceritakan perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah agar kita tak hanya hidup sebagai orang Kristen, senang menikmati kasih setia dan berkat-berkatNya, namun juga bertumbuh secara karakter dan berbuah. Jika tidak, jangan salahkan Tuhan kalau Ia ″menebang″ kita.

Mari mengoreksi diri, adakah talenta-talenta yang sudah kita ketahui namun tidak mau kita olah dan maksimalkan dengan berbagai alasan? Mari keluar dari zona nyaman dan berusaha mengolah talenta itu sehingga menghasilkan buah yang baik dan lebih banyak. Jadilah seorang Kristen yang tidak hanya sekedar hidup dalam kasih karunia-Nya, namun juga berbuah sehingga buah itu bisa dinikmati oleh Tuhan dan sesama kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – 30 September 2012
Pertanyaan    : Sudahkah saya memaksimalkan talenta?
Aplikasi          : Maksimalkan talenta dan berbuah.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tidak menyia-nyiakan talentaku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar