Website counter

Kamis, 08 Desember 2011

Bahaya Berbohong


Baca : Kisah Para Rasul 5 : 1 – 11
Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. (Kisah Para Rasul 5 : 5)

Apapun agama kita, pasti semua agama mengatakan bahwa berbohong itu dosa. Namun tahukah kita, bahwa selain dosa, berbohong juga berbahaya bagi fisik kita? Menurut penelitian MD Saundra Dalton-Smith, penulis ″Set Free to Live Free: Breaking Through 7 Lies Women Tell Themselves″, pada mulanya saat kita berbohong memang tidak akan terlihat langsung dampaknya dan justru membantu kita melepaskan hormon stres. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan ketika berbohong itu menjadi satu kebiasaan, akan timbul resiko jantung koroner, stroke, kanker, diabetes, dan gagal jantung.

Alasan sederhananya adalah karena berdusta akan meningkatkan tekanan darah. Orang yang berdusta dan menyimpan rahasia kebohongannya, pada saatnya nanti akan menuai apa yang telah dikerjakannya. Tekanan darah terus menerus meningkat dan menyebabkan berbagai penyakit diatas. Solusi sederhana agar kita tidak menuai akibat kebohongan adalah jangan berbohong. Mengatakan ya jika ya atau mengatakan tidak jika tidak adalah cara simple kita sehat secara jasmani dan rohani.

Tidak ada dosa besar dan dosa kecil, bohong dengan berbagai alasan tetaplah bohong dan Tuhan benci dengan pembohong. Dalam kisah para rasul, kita mungkin heran kenapa Tuhan menghukum mati Ananias dan Safira, padahal dosa mereka kelihatannya tidak terlalu hebat. Mereka bukan pembunuh atau penganiaya jemaat, mereka pun bukan pemungut cukai yang setiap hari mengkorupsi uang negara. Alasannya adalah karena mereka mendustai Roh Kudus dan itu merupakan peringatan bagi semua murid-murid Yesus, termasuk kita, untuk jangan pernah berbohong dengan alasan apapun. Jadilah pribadi yang jujur walaupun sangat sulit, karena dari situlah Tuhan dan sesama tahu bahwa kita adalah seorang murid yang menjadi pelaku firman Tuhan. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku suka berbohong.
Aplikasi          : Jangan berbohong dengan alasan apapun.
Doa                 : Tuhan, bantu aku menjadi pribadi yang jujur. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar