Website counter

Kamis, 08 Desember 2011

Totally Commited

Baca : I Korintus 9 : 19 – 23
Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang. (I Korintus 9 : 19)

Dalam dunia perfilman, demi sebuah peran kadang seorang aktor dituntut untuk ″mengubah-ubah″ tubuhnya. Nama-nama seperti Dustin Hoffman, Daniel Day-Lewis, Robert De Niro, Tom Hanks, dan Christian Bale adalah aktor yang terkenal rela mengubah-ubah tubuhnya. Kita ambil contoh Christian Bale. Di film Batman Begins, sebagai manusia kelelawar, Bale membentuk tubuhnya sedemikian rupa agar terlihat kekar. Selesai merampungkan film itu, Bale berakting dalam film Rescue Dawn sebagai penerbang Amerika yang pesawatnya ditembak jatuh di Laos pada tahun 1966. Karena berperan sebagai tawanan perang, ia menguruskan badannya sampai turun 27,5 kg. Selesai dengan Rescue Dawn, Bale kembali membesarkan badanya karena ia berperan dalam film Terminator.

Hamba Tuhan, jika kita ingin memenangkan sebanyak mungkin orang untuk Tuhan, suka tidak suka, mau tidak mau, kita harus bisa menjadi hamba dari semua orang. Paulus dengan sangat jelas menuliskan cara-cara dia menginjil sehingga berhasil mendirikan jemaat-jemaat Tuhan di berbagai kota. Saat bertemu dengan orang Yahudi, Paulus menjadi seperti orang Yahudi agar bisa memenangkannya. Saat bertemu dengan orang yang lemah, ia menjadi seperti orang lemah agar bisa memenangkannya. Kita harus mampu beradaptasi dengan setiap orang yang kita temui agar bisa diterima oleh orang tersebut dan ajaran yang kita berikan akan dengan sukacita orang itu terima sehingga kita berhasil memenangkannya.

Hamba Tuhan, jangan malu atau gengsi bergaul dengan siapapun, karena Yesus sendiri bisa bergaul dengan siapa saja. Alkitab menulis Yesus makan bersama pemungut cukai, bercakap-cakap dengan Nikodemus, bercakap-cakap dengan perempuan Samaria di tepi sumur, bertanya jawab dengan ahli-ahli Taurat, memeluk anak kecil, dll. Sebagai hambaNya, mari kita melakukan apa yang Yesus lakukan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Penuai – Jumat, 2 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah aku bisa bergaul dengan siapa saja?
Aplikasi          : Jangan pilih-pilih dalam bergaul saat mewartakan Injil.
Doa                 : Tuhan, bentuk hatiku agar rendah hati sehingga bisa bergaul dengan siapa saja. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar