Website counter

Jumat, 09 Desember 2011

Berubah

Baca : Roma 12 : 1 – 8
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12 : 2)

Setiap kita tahu bahwa dunia ini terus mengalami perubahan, baik secara positif maupun negatif. Contoh perubahan dari segi positif adalah komunikasi semakin mudah dan cepat dengan adanya internet dan handphone yang harganya semakin terjangkau. Contoh perubahan dari segi negatif adalah semakin mudahnya orang bisa memakai narkoba atau melakukan seks bebas, bahkan di penjara pun sekarang bisa melakukan transaksi narkoba. Lalu bagaimana dengan diri kita sendiri? Apakah kita pun mengalami perubahan?

WANITA, manusia yang sehat adalah manusia yang bertumbuh baik secara jasmani maupun rohani. Seorang bayi dikatakan sehat apabila ia terus bertumbuh secara fisik. Seorang anak dikatakan berubah makin cerdas jika setiap tahun ia terus naik kelas dan pengetahuannya semakin bertambah. Seseorang dikatakan berubah secara finansial jika ia semakin bertambah kaya atau bisa juga semakin miskin. Seseorang dikatakan mengalami perubahan secara karakter jika ia setiap hari melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Banyak sekali jenis perubahan, namun mari kita fokus pada perubahan rohani. Apakah selama menjadi Kristen, rohani kita selalu sama dari waktu ke waktu, bertumbuh, atau justru menurun dan semakin lemah? Tuhan ingin kita mengalami perubahan rohani ke arah yang positif yaitu dengan semakin tidak serupa dengan dunia dan mengalami pembaharuan budi. Contohnya : dahulu sebelum menjadi Murid Yesus, kita adalah orang yang begitu mudah iri hati, setelah jadi murid kita menjadi seseorang yang tidak membanding-mbandingkan diri dengan orang lain. Dahulu kita adalah orang yang kikir, sekarang kita menjadi orang yang mudah memberi.

Untuk berubah memang butuh proses, dan itu terjadi kalau setiap hari kita mau terus menerus melakukan kebiasaan positif yang kelak akan menjadi karakter. Dengan bertambahnya usia kita menjadi murid Yesus, kita perlu berubah semakin serupa dengan Kristus sehingga Tuhan dan manusia melihat bahwa hidup kita berubah sesuai firman Tuhan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Sabtu, 10 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah rohaniku selalu bertumbuh?
Aplikasi          : Berubahlah sesuai Firman Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk terus berubah semakin serupa dengan Engkau. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar