Website counter

Kamis, 08 Desember 2011

Saling Menolong

Baca : Galatia 6 : 1 – 10
Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. (Galatia 6 : 9)

Di padang rumput Afrika, babun (sejenis kera besar dengan tinggi badan antara 2 sampai 3 kaki dan berat 30 sampai 90 kg) sering kelihatan bergabung dengan rombongan hewab pemakan tumbuhan lainnya. Sering kelihatan babun sedang makan dan minum bersama gajah, jerapah, rusa, dan zebra. Dengan kumpulan tersebut, babun hidup rukun, dan saling tolong menolong. Jika ada pemangsa babun datang, rusa yang memiliki penciuman lebih tajam, akan mendengking memberi peringatan kepada babun bahwa ada bahaya yang datang. Dengan demikian, babun dapat menghindar sebelum pemangsa datang. Begitu pula sebaliknya, jika ada pemangsa rusa datang, maka babun yang memiliki daya penglihatan lebih tajam akan meraung memberi tanda peringatan bahaya kepada rusa sehingga rusa segera lari menjauh.

Guys, kalau binatang yang nggak punya akal budi aja tahu arti tolong menolong, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu menjadi anak yang mudah untuk menolong temanmu, atau kamu menjadi anak muda individualisme yang hanya mau menolong jika ada untungnya, jika orang yang kamu tolong bisa memberikan balas jasa? Anak Tuhan itu harus saling tolong menolong, terutama kepada saudara-saudara yang seiman. Meskipun orang yang kita tolong nggak bisa membalas pertolongan kita, Tuhan akan mencatat perbuatan baik itu dan kelak pasti akan membalas tepat pada waktunya. Kalau kamu suka menolong orang tanpa pamrih, kelak saat kamu butuh pertolongan, pasti akan selalu ada orang yang menolongmu tanpa mengharapkan imbalan.

Guys, walaupun dunia hari ini ngajarin orang untuk memikirkan diri sendiri, nggak mau peduli kesusahan orang lain, nggak mau tahu gimana pergumulan temanmu buat bayar SPP, jadilah pribadi yang suka menolong kapan pun dan di mana pun. Jangan jemu-jemu berbuat baik , karena bila sudah datang waktunya, kita akan menuai. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Senin, 5 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah aku menjadi pribadi yang suka menolong?
Aplikasi          : Pikirkanlah kesusahan orang lain.
Doa                 : Tuhan, ajar aku tidak hanya memikirkan diri sendiri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar