Website counter

Jumat, 09 Desember 2011

Manfaat Tertawa

Baca : Amsal 15 : 13
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. (Amsal 17 : 22)

Para peneliti dari Universitas Leeds, Inggris, menyatakan, perawatan yang baik dan sesekali tertawa merupakan cara penyembuhan yang lebih baik dibandingkan teknologi kesehatan terbaru. Hal ini dimuat dalam British Medical Journal dengan contoh penyembuhan borok di kaki. Selama ini rumah sakit selalu menggunakan ultrasound dosis rendah untuk mengobati borok kaki. Namun penelitian selama 5 tahun terhadap 337 pasien menunjukkan, terapi itu tidak dapat mempercepat penyembuhan. Ketua tim peneliti, Andrea Nelson mengatakan kepada BBC, bahwa kunci perawatan terhadap pasien adalah menstimulasi aliran darah dari kaki ke jantung. Caranya dengan memerban luka dan mendorong pasien untuk diet, olahraga, dan tertawa. Tertawa akan membuat diafragma bergerak dan membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Firman Tuhan berbicara selalu benar, salah satunya tentang tertawa. Tertawa itu murah dan tidak ada yang melarang, namun kenapa kita susah tertawa? Hidup ini memang susah, hidup ini memang penuh tantangan, bencana dan kejahatan selalu mengancam di berbagai tempat, kondisi ekonomi memang terkadang sulit. Semuanya itu betul dan memang terjadi, namun hidup kita selalu disertai Tuhan. Bersama Tuhan kesulitan sehebat apapun akan selalu mampu kita atasi dan Tuhan tak akan pernah biarkan kita kalah menghadapi tekanan hidup. Tuhan akan selalu berikan jalan keluar saat kita mau berdoa dan berusaha, oleh karena itu jalani hari dengan penuh sukacita dan ucapan syukur, salah satunya dengan tertawa melihat indahnya hidup. Tertawalah saat melihat anak Anda melakukan suatu kekonyolan atau memberikan pertanyaan yang polos. Tertawalah melihat Anda ternyata bisa melakukan hal konyol karena terburu-buru. Tertawalah karena ternyata Anda masih diijinkan memiliki pekerjaan. Ada banyak hal yang mampu membuat kita tertawa.

Wanita, Tuhan sudah berikan kita obat murah untuk bisa sehat jasmani dan rohani. Seberat apapun hidup Anda hari ini, mampukan diri untuk tertawa melihat pekerjaan-pekerjaan Tuhan sebagai tanda Anda semangat menjalani hari ini. Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu tertawa dan ceria dalam mengatur alam semesta, sebagai anak-anakNya mari kita tiru karakter Tuhan kita yaitu bersukacita senantiasa. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Selasa, 6 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah aku bersukacita hari ini?
Aplikasi          : Bersukacitalah senantiasa.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk segala hal lucu yang membuatku tertawa hari ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar