Website counter

Selasa, 13 Desember 2011

Mengatur Diri Sendiri

Baca : Kejadian 4 : 1 – 16
Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu! (II Timotius 4 : 5)

Self manajemen bisa dibilang bidang ilmu tersulit. Ini bisa terjadi karena mengatur diri sendiri bukanlah perkara mudah. Mari kita membuktikannya melalui diri sendiri. Misalnya kita memiliki rencana untuk setiap hari makan buah dan dua hari sekali olahraga. Kita berjanji setiap hari akan melakukan kdua hal tersebut. Mudah dan sederhana bukan? Namun faktanya tidak mudah, ada saja halangan untuk kita tidak melakukan atau menunda dua kegiatan tadi. Kalau kita gagal melakukannya, tak bakalan ada yang menghukum. Kalau berhasil itu demi kebaikan diri sendiri dan orang lain. Orang lain hanya bisa sekedar memberikan teguran dan nasehat, namun yang melakukan adalah diri kita sendiri.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Kalau kita bisa menaklukan segala godaan yang menghambat kita untuk berhasil seperti rasa malas, pesimis, rendah diri, malu, atau tidak sabaran, pasti kita akan menjadi individu yang bertumbuh dan berhasil. Tetapi kalau kita lembek terhadap diri kita alias kompromi dengan keinginan daging, jangan pernah berharap menikmati kesuksesan sekalipun kita memiliki keinginan mengebu-gebu. Kain dihukum Tuhan dengan menjadi pelarian karena ia tidak mematuhi nasehat Tuhan dan lebih menuruti keinginan dagingnya. Kain tak suka melihat Habel bersukacita karena persembahannya diterima Tuhan, sehingga dibunuhnya Habel.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, latih diri kita setiap hari untuk menaklukan keinginan-keinginan daging yang menghambat kita untuk bertumbuh baik secara rohani maupun duniawi. Kuasai diri kita dalam segala dan sabarlah menderita, maka perlahan tapi pasti Tuhan akan terus tambahkan berkatNya dalam kehidupan kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 12 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah setiap hari aku melawan keinginan daging?
Aplikasi          : Lawan keinginan daging senantiasa.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menguasai diri sendiri. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar