Website counter

Rabu, 14 Desember 2011

Rasa Bersalah

Baca : Lukas 22 : 54 – 62
Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya. (Lukas 22 : 62)

Tak ada seorang pun manusia yang tak pernah berbuat dosa dan tak pernah melakukan kesalahan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita mudah memberikan pengampunan atau maaf saat orang lain melakukan suatu kesalahan kepada kita. Umumnya kalau kita melakukan suatu kesalahan atau dosa, pasti akan muncul perasaan tidak nyaman dalam hati. Kita merasakan ada sesuatu yang menganjal di hati dan membuat kita merasa kurang nyaman saat bicara tentang Tuhan. Beberapa orang bahkan tidak bisa tidur dan tidak doyan makan karena menyimpan suatu kesalahan atau dosa. Kalau hari ini Anda masih merasa tak nyaman saat berbuat dosa dan kehilangan ketenangan karena melakukan suatu dosa yang tidak diketahui orang lain, bersyukurlah karena itu menandakan rohani Anda masih hidup.

WANITA, kenyataan berbicara hari ini sebagian orang sudah mati rohaninya walaupun fisiknya masih hidup. Contohnya, selalu ada peristiwa orang-orang yang masuk penjara gara-gara korupsi. Sungguh menyedihkan karena kita melihat langsung dengan mata kepala sendiri melalui layar kaca mereka berkata tidak bersalah dan tidak pernah melakukan tindakan itu, padahal bukti-bukti dengan sangat jelas membuktikan mereka bersalah. Mereka pun tetap tersenyum dan santai saja saat di wawancarai media, tak tergambar sedikit pun rasa bersalah dari sorot mata mereka.

WANITA, kalau hari ini kita masih suka menyimpan dosa atau kesalahan kepada Tuhan dan sesama, mari belajar berani mengakui kesalahan dan dosa itu. Petrus dan Yudas Iskariot adalah dua murid Yesus yang tercatat melakukan dosa kepada Yesus. Namun Petrus tetap diakui Yesus sebagai murid dan setia mengikut Tuhan sampai mati karena mau mengakui dosanya. Sedangkan Yudas mati bunuh diri. Jangan diam saja atau menutup diri, namun mari kita berani jujur mengakui dosa dan kesalahan kita kepada Tuhan dan sesama. Tuhan dan manusia selalu mau mengampuni kalau kita mau terlebih dahulu mengaku. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 16 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah aku masih merasa bersalah?
Aplikasi          : Jujurlah mengaku dosa.
Doa                 : Tuhan, bantu aku agar berani mengakui segala kesalahan dan dosaku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar