Website counter

Jumat, 16 Desember 2011

Membohongi Tuhan

Baca : II Tawarikh 18 : 1 – 34
Raja Israel berkata kepada Yosafat: "Aku akan menyamar dan masuk pertempuran, tetapi engkau, pakailah pakaian kebesaranmu." Lalu menyamarlah raja Israel, kemudian mereka masuk ke pertempuran. (II Tawarikh 18 : 29)

Ketika membaca kisah akhir hidup raja Ahab, akan kita lihat perbuatan menarik yang Ahab lakukan untuk membatalkan nubuat nabi Mikha. Agar tidak menjadi sasaran perang tentara Aram, Ahab menyamar menjadi prajurit biasa dan menyuruh Yosafat mengenakan pakaian kebesaran. Taktiknya ini berhasil mengelabui musuh dan Yosafat yang dijadikan sasaran serang, namun Yosafat selamat karena meminta tolong pada Tuhan. meski lolos dari incaran musuh, Ahab tetap mati terbunuh di tengah peperangan karena sebuah panah nyasar.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, dari kisah Ahab kita bisa belajar bahwa kita tak bisa membohongi Tuhan dan menghindari murka Tuhan. kita bisa menipu manusia disekeliling kita dengan menyamarkan perbuatan jelek kita atau menutup-nutupi dosa kita. Kita berhasil melakukan itu dan orang-orang di sekitar kita tetap menganggap kita adalah orang yang rohani dan baik, walaupun banyak dosa yang kita sembunyikan. Namun Tuhan tetap tahu dan tak bisa ditipu. Tuhan tetap bisa menghukum kita sekalipun kita mencoba membohongi Tuhan dengan berbagai cara. Kita tahu upah dosa adalah maut, namun berapa sering kita tetap saja sengaja jatuh dosa dan kemudian meminta ampun, untuk kemudian jatuh dosa lagi? Kita semua tahu iri hati merusak diri sendiri dan awal dari pembusukan tulang, namun berapa sering kita iri kepada saudara iman yang diberkati Tuhan lebih?

Keluarga yang dikasihi Tuhan, jangan pernah mengibuli Tuhan karena Tuhan maha tahu. Jangan pernah pula membohongi sesama kita karena Tuhan pasti akan menghukum kita atas perbuatan itu. Akuilah dosa kita dan bertobat, maka Tuhan akan mengampuni dan memberikan damai sejahtera. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Rabu, 21 Desember 2011
Pertanyaan     : Apakah aku pribadi yang tampil apa adanya?
Aplikasi          : Jangan berbohong.
Doa                : Tuhan, ajar aku tampil apa adanya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar