Website counter

Kamis, 15 Desember 2011

Bekerja dengan Profesional


Baca : Daniel 6 : 1 – 29
Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. (Daniel 6 : 5)

Dalam bekerja, setiap kita tentu ingin mendapat sebutan pekerja yang profesional. Lalu apa pengertian profesional? Profesional adalah melaksanakan pekerjaan yang seharusnya dilaksanakan oleh seseorang dengan mematuhi peraturan dan norma-norma yang berlaku baik tertulis maupun tidak tertulis dan melaksanakan pekerjaannya tersebut dengan sebaik-baiknya. Seorang profesional adalah orang yang menyadari betul arah kemana ia melangkah, mengapa ia menempuh jalan itu, dan bagaimana caranya ia harus menuju sasarannya. Ia menyenangi pekerjaannya karena ia bisa mengerjakannya dengan baik. Ia mengerjakannya dengan baik oleh karena ia menyenangi pekerjaan itu. Ia adalah seorang yang mau bekerja keras untuk mencapai tujuannya, dan juga memiliki semangat kerja keras itu dalam tugasnya.

Bila seseorang bekerja secara tidak profesional, secara langsung atau tak langsung, akan membuat orang lain tak nyaman. Ketidakprofesionalan merupakan hasil dari ketidakmampuan seseorang dalam memaknai pekerjaan yang secara sadar ia pilih. Bicara masalah pekerja yang profesional, Daniel adalah sosok yang patut kita contoh. Alkitab mencatat Daniel bekerja luar biasa baik sehingga hal ini membuat rekan-rekannya iri. Mereka berusaha mencari-cari kesalahan Daniel, namun sama sekali tak menemukan. Hanya satu ″kesalahan″ Daniel yang akhirnya mereka temukan, yaitu karena ia tekun beribadah kepada Allah. Disusunlah rencana licik untuk membunuh Daniel dengan cara mengelabui raja, dan cara ini berhasil. Namun saat dilaksanakan gagal karena Daniel memang terbukti tidak bersalah baik di mata Tuhan maupun raja.

Mari kita menjadi pekerja-pekerja yang profesional dalam bidang yang kita kerjakan saat ini sehingga nama Tuhan dipermuliakan dan pimpinan kita merasa bangga melihat kinerja kita. Kerjakan apa pun yang Tuhan percayakan pada kita dengan sebaik mungkin. Jangan takut memiliki musuh karena melakukan yang terbaik dalam bekerja, karena kalau kita bekerja sesuai kebenaran firman Tuhan, Tuhan pasti akan membela kita. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Sudahkah kita menjadi pekerja-pekerja yang profesional?
Aplikasi          : Lakukan yang terbaik.
Doa                : Tuhan, bantu aku agar bisa mengerjakan sebaik mungkin. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar