Website counter

Kamis, 08 Desember 2011

Sudut Pandang Positif

Baca : Hakim-hakim 6 : 1 – 40
Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani." (Hakim-hakim 6 : 12)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita tentu berhubungan dengan banyak orang. Setiap orang yang kita kenal tentu berbeda-beda, namun bagaimana sudut pandang kita kepada mereka? Umpama, kita mempunyai seorang rekan kerja yang pendiam, pesimis, tidak punya empati, sulit diajak kerjasama, namun disiplin, bagaimana sudut pandang kita? Kebanyakan orang akan fokus pada kekurangannya dan mengabaikan kebaikannya. Sikap inilah yang membuat kita tidak pernah puas dengan kinerja rekan kita, pengabdian istri kita, dan kesetiaan Tuhan memberkati diri kita. Hal inilah yang menimbulkan iri hati, kepahitan, kemarahan, dan ujung-ujungnya lemah iman.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, belajarlah melihat kebaikan dalam diri setiap orang yang kita kenal karena Tuhan pun selalu lebih memperhatikan kelebihan kita daripada merendahkan kelemahan-kelemahan kita.  Ada banyak tokoh Alkitab yang secara karakter tidak cocok untuk melayani Tuhan seperti Simson, Gideon, Thomas, Petrus, Zakheus, dan Paulus. Gideon yang penakut oleh Tuhan justru dipuji sebagai pahlawan yang gagah berani. Apakah Tuhan sedang mengolok-olok Gideon? Tidak, Tuhan justru sedang memperhatikan sisi baik Gideon. Terbukti sudut pandang Tuhan tidak salah karena kemudian Gideon berani merobohkan mezbah Baal dan menggusir musuh.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, Tuhan selalu memandang setiap umat ciptaanNya dengan positif, mari kita contoh tindakan Tuhan kita. Walaupun kita kadang kesal dan dibuat susah oleh orang-orang yang notabene memiliki berbagai kekurangan, tetaplah berusaha melihat sisi positif mereka. Lihatla kebaikan orang lain, maka kita akan bisa membangun hubungan yang efektif dengan orang-orang di sekitar kita. • Richard .G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Selasa, 6 Desember 2011
Pertanyaan    : Apakah aku melihat dengan cara pandang positif?
Aplikasi          : Belajarlah melihat kebaikan dalam diri setiap orang.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk bisa melihat sisi baik orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar