Website counter

Kamis, 08 Desember 2011

Berbagi Ilmu


Baca : Lukas 10 : 1 – 2
Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. (Lukas 10 :3)

Apa perasaan Anda kalau Anda sudah susah payah membuat suatu penemuan yang cantik, berkualitas, dan memiliki nilai jual, penemuan itu tiba-tiba dicontek para plagiat untuk kepentingan mereka sendiri? Celakanya Anda belum memiliki hak cipta atas penemuan itu. Marah-marah, berhenti berkarya, melaporkan ke pihak berwajib, atau justru mau berbagi ilmu pengetahuan tersebut? Untuk pilihan terakhir, mungkin sebagian kita berkata hanya penemu gila yang melakukan tindakan ini. Meskipun terkesan gila, namun itu menyelesaikan masalah. Hal ini sudah dilakukan Anne Avantie dan terbukti sukses.

Sebagai desainer kebaya yang cukup kondang namanya karena selalu menghasilkan kreasi-kreasi kebaya yang unik, banyak plagiat yang mencontek model kebayanya. Anne tak marah karyanya dijiplak tanpa ijin, ia justru memberi workshop dan pelatihan mandiri serta wirausaha. Dalam buku Tupperware She Can seri Sang Pendobrak, Anne mengundang semua orang yang ingin meminta ilmu padanya untuk datang ke rumahnya. ″Bagi saya dengan berbagi, tidak ada kepandaian saya yang hilang. Tetapi dengan berbagi hidup saya menjadi berarti. Kalau saya hanya marah, itu berarti memusuhi mereka. Jadi, kalau ingin mengubah mental plagiat mereka, saya harus menjadi sahabat bagi mereka,″ tutur Anne.

Jika hari ini Anda marah atau memusuhi orang-orang yang menjiplak karya Anda, belajarlah melepas pengampunan dan mau berbagi ilmu. Tuhan Yesus saja mau berbagi ilmu penginjilanNya kepada tujuh puluh murid agar semakin banyak jiwa dimenangkan, mengapa kita pelit berbagi ilmu kalau kita tahu ilmu itu mendatangkan rejeki dan penghidupan bagi orang yang mengamalkan. Mau berbagi ilmu adalah salah satu bentuk kasih, mari kita bagikan ilmu apapun yang kita miliki saat ini. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku mau berbagi ilmu?
Aplikasi          : Berbagilah ilmu, karena itu salah satu bentuk kasih.
Doa                 : Tuhan, lembutkan hatiku agar mau berbagi ilmu pada orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar