Website counter

Sabtu, 15 Oktober 2011

Lahir Baru


Baca : Yohanes 3 : 1 – 21
Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." (Yohanes 3 : 3)

Bagi orang Kristen, istilah lahir baru tentu bukanlah hal yang asing. Ketika ada orang bertanya apa sih artinya lahir baru, biasanya kita akan menjawab bahwa artinya baptis. Sebagian lain menjawab orang yang percaya dan menyembah Tuhan. jawaban tadi bener, namun kurang dalam karena arti lahir baru tidak sesederhana itu. Orang yang lahir baru bukan cuma sekedar ikut pelajaran tentang bagaimana sih hidup Kristen itu, percaya, setelah itu baptis, dan urusan selesai. Dijamin kita pasti masuk surga. Tidak semudah itu.

Orang yang lahir baru adalah orang yang tak mau lagi hidup dalam dosa. Untuk memahaminya saya berikan contoh sederhana. Dahulu sebelum dibaptis, saya biasa berbohong, nyontek, omong kotor, dan iri hati kepada orang. Setelah mengenal Kristus dan lahir baru, saya tak mau lagi melakukan aneka kebiasaan buruk tersebut dan berusaha menumbuhkan dan mengembangkan karakter-karakter Kristus dalam diri saya seperti suka belajar, jujur, memperkatakan sesuatu yang baik, dan bersyukur atas hidup saya. Gereja dan saudara-saudara seiman membantu dan membimbing saya untuk tumbuh. Kalau kita berkata saya lahir baru, sudah baptis dan tiap minggu ke gereja, sudah berkata aku percaya Yesus, namun hidup kita sehari-hari tak ada bedanya dengan hidup kita sewaktu belum lahir baru, berarti kita belum lahir baru. Misalnya sebelum lahir baru kita suka berbohong, setelah lahir baru kita masih juga suka berbohong, itu artinya kita tak ada perubahan apapun yang terjadi.

Saat kita lahir baru, memang secara fisik tak ada yang berubah dari diri kita, yang berubah adalah rohani kita, dan orang-orang bisa merasakan perubahan itu seiring berjalannya waktu. Marilah kita sama-sama mengoreksi diri, apakah saya sudah benar-benar lahir baru setelah sekian tahun menjadi murid, atau saya hanya sekedar anggota gereja atau asal percaya saja bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat? Belum terlambat untuk kita berubah dan mengalami perubahan hidup agar semakin serupa dengan Kristus. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku sudah lahir baru atau hanya sekedar anggota gereja?
Aplikasi          : Berubahlah dalam karakter sehingga semakin serupa dengan Kristus.
Doa                 : Tuhan, bantu saya untuk bisa memiliki karakter seperti-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar