Website counter

Sabtu, 08 Oktober 2011

Ayo Tertawa


Baca : Mazmur 118 : 24 – 29
Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. Amsal 15 : 13

Tertawa memiliki banyak sekali manfaat. Selain membuat otot-otot wajah menjadi rileks, pikiran tenang, menggurangi stres dan memecahkan suasana yang kaku, ternyata tertawa bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Internasional Journal of Obesity, tertawa terbahak-bahak bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Selama 90 menit, 45 orang menonton film atau acara komedi. Kemudian, denyut nadi dan kalori yang terbakar diukur. Tertawa terbahak-bahak ternyata meningkatkan angka kedua jenis pengukuran tersebut sampai 20%, dibandingkan menonton dengan tenang. Jadi jangan malas untuk sesekali melihat film komedi atau mentertawakan hal-hal lucu yang Anda atau rekan kerja alami.

Tuhan dalam beberapa firman-Nya secara tersirat menganjurkan kita untuk bisa tetap tertawa walaupun dalam kondisi-kondisi yang sulit. Tuhan kerap kali ijinkan kita mengalami kejadian yang membuat kita malu, namun membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak saat menyaksikannya dengan tujuan kita bisa menghibur orang lain. Saat kita melihat orang lain bertingkah lucu dan konyol, itu tandanya Tuhan memberikan kita kesempatan untuk tertawa. Masalah dan tantangan akan selalu ada sehebat apapun kita berusaha hidup dengan baik, namun dengan bisa tetap tertawa maka jasmani dan rohani kita akan tetap sehat. Tuhan tak pernah ingin kita bermuram durja sepanjang hari hanya karena ulah rekan kerja yang menjengkelkan atau ban kendaraan kita bocor di siang hari yang terik sehingga dengan berpanas-panas ria kita menuntunnya ke tukang ban. Tuhan ingin kita menikmati hari ini dan berusaha menganti kemuraman itu dengan bisa tertawa.

Hidup kita di dunia ini singkat, oleh karena itu isi setiap hari yang kita punya dengan tindakan-tindakan yang positif. Masalah akan selalu datang silih berganti, namun kita bisa menghadapi setiap hari dengan penuh ucapan syukur dan sukacita bila kita tak hanya fokus pada masalah, namun juga peduli pada hal-hal lucu di sekitar kita. Sudahkah Anda tertawa hari ini? • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 12 Oktober 2011
Pertanyaan    : Sudahkah Anda tertawa hari ini?
Aplikasi          : Tertawalah agar Anda sehat jasmani dan rohani.
Doa                 : Tuhan, ajari aku untuk bisa tetap tertawa dalam menjalani hari demi hari. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar