Website counter

Senin, 10 Oktober 2011

Hewan Peliharaan


Baca : Amsal 12 : 10
Orang benar memperhatikan hidup hewannya, tetapi belas kasihan orang fasik itu kejam. Amsal 12 : 10

Jagoan Kristus, apakah kamu mempunyai hewan peliharaan? Jika ya, kakak percaya kamu akan mengasihi dan merawat mereka dengan baik karena mereka lucu, seru untuk diajak main dan bisa menjadi teman. Kucing, anjing, burung, hamster, marmot, kelinci, dan ikan adalah beberapa jenis hewan yang dijadikan peliharaan, namun yang paling populer adalah anjing dan kucing. Berikut beberapa tips yang kakak ambil dari majalah National Geographic Kids Indonesia, tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan kepada kucing atau anjingmu :

  1. Rutinlah bawa anjing atau kucingmu ke dokter hewan, paling tidak setahun sekali, untuk dicek kesehatannya dan divaksinasi.
  2. Ajari anjing atau kucingmu hal-hal dasar seperti duduk, diam, atau berguling.
  3. Tunjukkan rasa sayang dengan selalu mengajaknya bermain, berjalan-jalan, atau mengelus-elusnya.
  4. Selalu bersihkan tempat tidur, wadah makan kucing atau anjing. Sebab kucing atau anjing tidak bisa membersihkannya sendiri dan kalau kotor, bakteri akan mudah menyerang sehingga membuat mereka sakit.
  5. Jangan biarkan kucing berkeliaran di luar. Kucing yang sering bermain di luar akan mudah terkena penyakit dan beresiko tertabrak mobil atau motor.
  6. Jangan memberi anjing atau kucing cokelat, kopi, alkohol, anggur, advokad, garam atau obat-obatan manusia karena bisa membuat mereka sakit, bahkan mati.

Jagoan Kristus, mengasihi binatang peliharaan adalah perbuatan baik. Memelihara hewan peliharaan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, ya! Jangan hanya mau bermain dengan mereka namun tak mau memberi mereka makan atau menjaga kebersihan mereka. Rawat dan didiklan hewan peliharaanmu dengan baik, ya! • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Kamis,  27 Oktober 2011
Pertanyaan    : Apakah aku mengasihi binatang peliharaanku?
Aplikasi          : Rawat binatang peliharaan kita dengan baik.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mengasihi hewan peliharaanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar