Website counter

Selasa, 30 April 2013

Mati Rasa

Baca : Matius 24 : 3 – 14
Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. (Matius 24 : 12)

Arti kata "mati rasa" adalah tidak merasakan apa apa. Kita bayangkan orang yang diberi suntikan mati rasa oleh dokter sebelum dioperasi. Itu maksudnya supaya ketika dioperasi dia tidak akan merasa sakit. Misalnya kita menjalani cabut gigi di tempat dokter. Sebelum dicabut, dokter akan suntikan bius lokal agar kita tidak merasa sakit saat gigi dicabut, namun kita tetap sadar dan bisa mengamati aktifitas si dokter. Rasa sakit baru akan muncul saat efek obat bius sudah hilang.

Suntikan obat bius dalam dunia kedokteran sudah terbukti menolong banyak sekali nyawa, namun mati rasa dalam tubuh rohani akan mematikan diri sendiri. Yesus waktu ditanya para murid tentang apakah tanda kesudahan dunia dan tanda kedatangan-Nya, Yesus berikan banyak tanda. Salah satunya kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Bagaimana bisa mati rasa secara rohani? Karena dosa yang dilakukan terus menerus. Contohnya, beberapa orang jadi koruptor karena dari kecil sudah biasa mencuri, sudah biasa kita lihat orang tidak peduli sesamanya karena sudah sejak lama ia biasa tidak peduli akan hal-hal kecil seperti memberi sedekah untuk pengemis, atau menolong temannya yang jatuh dari sepeda.

Apakah kita masih hangat oleh kasih sehingga kita begitu mudah tersentuh melihat kesusahan orang lain dan langsung tergerak untuk membantu? Hati-hatilah kalau kita mulai masa bodoh dengan kesusahan orang lain dan hanya sibuk memikirkan kepentingan diri sendiri. Berbagai tanda kedatangan Yesus sudah digenapi, sehingga mari jaga hati tetap hangat oleh kasih sehingga banyak orang bisa kita tolong. Kasih kebanyakan orang di sekitar kita boleh dingin, namun jangan biarkan itu mempengaruhi kita untuk berhenti mengasihi satu sama lain. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 10 April 2013
Pertanyaan    : Apakah hati saya masih hangat oleh kasih?
Aplikasi          : Jangan biarkan kasih kita dingin.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menjaga hatiku tetap hangat oleh kasih. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar