Website counter

Selasa, 30 April 2013

Lidah Serba Guna

Baca : Amsal 21 : 23
Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Amsal 18 : 21)

Bagi manusia, lidah berguna untuk mengecap makanan, untuk bicara, untuk menjilat, untuk memilih makanan, dan banyak lagi. Bagi hewan, fungsi lidah pun beraneka ragam. Yuk, kita pelajari lebih jauh tentang lidah binatang.

Bagi singa, lidah digunakan untuk mengerok daging binatang buruannya. Bagi harimau, lidah selain untuk mencicipi makanan, juga untuk alat pengungkap kasih sayang pada anak-anaknya. Kalau kamu lihat ibu harimau sedang menjilati anaknya, rasanya sama seperti elusan tangan ibu pada punggungmu. Bagi ular, lidahnya digunakan untuk menangkap getaran di sekitarnya dan sebagai pencium yang baik. Bagi rubah, lidahnya bisa digunakan sebagai cangkir saat ia mengambil minum di sungai. Bagi jerapah, lidahnya digunakan untuk memotong daun-daun atau ranting-ranting di pucuk pohon yang hendak dia makan.

Jagoan Kristus, lidah memang kecil, namun sangat hebat. Sehingga firman Tuhan berkata hidup matinya kita dikuasai lidah. Mengapa begitu? Karena kita bisa bicara pakai lidah. Kalau kita suka omong kotor, suka menghina orang, suka meludah sembarangan, itu sama saja kita tidak bijaksana menggunakan lidah. Akibatnya orang malas bergaul dengan kita, orang bisa menjahati kita, bahkan ada orang yang balik menghina kita dengan kata-kata kasar. Oleh karena itu hati-hati dengan lidahmu. Firman Tuhan menyuruh kita memelihara mulut dan lidah karena itu berdampak positif buat diri sendiri. Jangan malas gosok gigi dan membersihkan lidahmu secara rutin. Jangan malas membaca buku-buku pengetahuan atau komik yang mendidik, sehingga setiap perkataan yang keluar dari mulut dan lidahmu adalah perkataan yang positif. Gunakan lidah kita untuk hal-hal yang baik dan memuliakan Tuhan. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Jumat, 19 April 2013
Pertanyaan    : Sudahkah lidah saya digunakan untuk hal-hal baik.
Aplikasi          : Gunakan lidah kita untuk hal-hal yang baik dan memuliakan Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar kami menggunakan lidah dengan benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar