Website counter

Selasa, 30 April 2013

Bertumbuh Dewasa

Baca : Ibrani 5 : 11 – 14
Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat. (Ibrani 5 : 14)

Ada sebuah iklan yang memberikan nasihat cukup bijaksana mengenai pertumbuhan. ″Menjadi tua itu pasti. Menjadi dewasa itu pilihan,″ begitu bunyinya. Tidak ada hubungan antara menjadi tua dan menjadi dewasa. Kadang-kadang pertambahan usia datang begitu saja tanpa disertai pertambahan tingkat kedewasaan seseorang.

WANITA, cobalah perhatikan sekitar kita. saat kita perhatikan anak kecil. Kita dapati mereka bertumbuh baik secara fisik maupun pikirannya. Kita perhatikan teknologi, akan kita dapati teknologi semakin bertambah maju. Kita perhatikan aneka gadget, handphone misalnya. Handpone pun semakin canggih dan harganya makin terjangkau. Kita perhatikan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang, misalnya komputer. Akan kita dapati ilmu pun terus bertambah maju dan memberikan lebih banyak dampak positif. Lalu bagaimana dengan rohani kita sendiri? Fisik kita memang sudah berhenti bertumbuh, namun rohani kita harus terus bertumbuh. Tuhan menuntut kita senantiasa bertumbuh karena itulah salah ciri murid Yesus yang sehat. Kalau dari beberapa tahun silam kita jadi murid Yesus namun karakter kita bertumbuh sangat sedikit, atau bahkan tidak bertumbuh sama sekali, kita patut koreksi diri. Karakter yang bertumbuh misalnya, kita dahulu pilih-pilih dalam bergaul, sekarang kita mau bergaul dengan semua murid Yesus. Kalau dahulu kikir, sekarang hemat dan mau memberi. Kalau dahulu kita gampang putus asa saat menghadapi masalah, kini kita jauh lebih tegar dan mau berjuang.

Jika karakter kita tidak bertumbuh, berarti kita belum dewasa. Kita masih Kristen anak kecil atau bayi yang apa-apa mintanya dilayani namun tidak mau melayani. Saat kita bertumbuh maka semakin banyak pula kontribusi positif yang bisa kita berikan buat lingkungan sekitar kita seperti rumah tangga kita, gereja kita, kantor kita, atau perumahan tempat kita tinggal. Mari kita sama-sama menghitung dalam hal-hal apa saja aku mau bertumbuh dan dalam hal-hal apa saja aku belum bertumbuh. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Selasa, 16 April 2013
Pertanyaan    : Apakah karakter saya bertumbuh?
Aplikasi          : Mari bertumbuh secara karakter, bukan hanya secara jasmani.
Doa                 : Tuhan, bimbing aku untuk terus mau bertumbuh secara rohani. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar