Website counter

Selasa, 30 April 2013

Jam Gandhi

Baca : Mazmur 90 : 1 – 12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. (Mazmur 90 : 12)

Ketika Mahatma Gandhi tinggal dan belajar di Inggris, saudara lelakinya mengirimi jam poket yang terbuat dari emas. Ketika Gandhi memutuskan untuk tidak lagi memakai pakaian dan bergaya hidup Inggris, ia kembali memakai pakaian India yang sangat sederhana, namun ia tetap memakai jam poket tersebut. Gandhi percaya bahwa itu adalah hal paling berguna yang ia miliki. Gandhi membawa jam poket itu selama hidupnya. Ia paham begitu banyak hal yang harus dikerjakan sehingga tak boleh ada waktu terbuang sedikitpun. Ia menyetel alarm jam itu pukul 4 pagi setiap hari dan menyimpan segala sesuatu dengan rapi sehingga ia tidak perlu membuang waktu untuk mencari apa yang dibutuhkan. Gandhi menganggap bahwa keterlambatan adalah hal yang tidak pantas sehingga ia mengisi setiap menit dalam hidupnya dengan hal yang berguna.

Girls, ketahuilah bahwa waktu adalah aset yang sangat berharga dan tak ternilai harganya. Meski waktu kita sepertinya sangat banyak dan bisa kita gunakan sesuka hati, namun sebetulnya waktu hidup kita sangat singkat. Firtu bicara umur kita paling banyak delapan puluh tahun. Seandainya bisa lebih pun biasanya udah sakit-sakitan dan berpantang makan ini dan itu. Udah jarang banget kita temukan orangtua yang umurnya di atas tujuh puluh tahun masih sehat dan lincah. Kebanyakan udah duduk di kursi roda dan untuk makan pun harus disuapi. Nah, mumpung masih muda, yuk kita hitung kegiatan apa aja yang udah kita lakuin. Apakah kita lebih banyak menghabiskan waktu buat kegiatan yang nggak jelas manfaatnya atau hanya demi memuaskan kedagingan seperti suka tidur, suka nonton sinetron, suka makan, dan bergosip. Musa ngajarin kita menghitung hari agar ngerti bahwa waktu yang udah berlalu itu nggak bisa kembali. Kalau kita santai-santai ngerjain sesuatu yang produktif di masa muda, jangan salahkan siapapun kalau kita menderita di masa tua.

Gandhi dikenang dunia sebagai sosok yang melakukan perlawanan tanpa kekerasan dan bapak negara India karena sangat menghargai waktu. Sebagai generasi muda masa kini, mari sama-sama menghargai waktu berapapun usia kita saat ini. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Minggu, 28 April 2013
Pertanyaan    : Apa saja kegiatan utamaku sehari-hari?
Aplikasi          : Hargai waktu.
Doa                 : Tuhan, ajar kami menghitung hari-hari kami agar beroleh hati yang bijaksana. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar