Website counter

Selasa, 30 April 2013

Dasar Kehidupan

Baca : I Yohanes 4 : 7 – 21
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. (I Yohanes 4:7)

Bunga pada tanaman mendapatkan kehidupannya dari getah yang mengalir melalui akar. Bila bunga itu dipetik dan dibiarkan terlepas dari tangkainya, akhirnya bunga itu akan mati. Itulah bagian dari kehidupan ini. Terputusnya komunikasi antara akar dengan bunga menyebabkan kematian. Demikian pula bila komunikasi antar pasangan suami istri terhenti, maka pernikahan mereka pun akan mati, dan hasilnya sering kali adalah perceraian. Tanpa adanya komunikasi, semua harapan untuk terjadinya perdamaian dan pemulihan akan punah.

WANITA, seberapa sering kita berkomunikasi dengan suami saat ini? Apakah kesibukan kerja membuat kita mulai pelit untuk sekedar telepon atau sms kalau kebetulan suami bekerja di luar kota? Dahulu waktu kita masih pacaran, rasanya sangat tidak nyaman kalau kita tidak berkomunikasi dengan pacar kita. Ada saja hal yang bisa kita bicarakan, sehingga sekalipun ada konflik, biasanya konflik itu akan bisa segera dibereskan. Sayangnya, kebiasaan baik ini kadang berhenti setelah menikah cukup lama. Firman Tuhan banyak yang diawali dengan kata ″saling″, yang menunjukkan kita butuh orang lain untuk bisa melakukan hal ini. Salah satunya saling mengasihi. Bukti kita mengasihi adalah kita memberikan sesuatu kepada orang lain atau menemui seseorang. Kalau kita hanya berkata aku sayang suami, namun kalau buat ngomong saja malas, patut diragukan kasih kita. itulah sebabnya komunikasi merupakan dasar kehidupan. Akhir-akhir ini angka perceraian meningkat pesat baik di kalangan non Kristen maupun Kristen, salah satu sebabnya karena buruknya komunikasi antar pasangan. Masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri, sehingga Tuhan dan pasangannya diabaikan.

WANITA, marilah saling mengasihi, karena tanpa kasih kita akan kompromi dengan keinginan daging yang membuat kita egois. Jangan pernah mendiamkan satu masalah dan beramsumsi negatif kepada orang-orang yang kita kasihi. Sesibuk apapun kegiatan kita, tetap jaga komunikasi dengan Tuhan, anggota keluarga, sahabat, maupun rekan-rekan kita. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Selasa, 30 April 2013
Pertanyaan    : Apakah saya suka mendiamkan satu masalah?
Aplikasi          : Tetap jaga komunikasi dengan Tuhan dan sesama.
Doa                 : Tuhan, ajar kami untuk selalu memiliki komunikasi yang baik satu sama lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar