Website counter

Selasa, 30 April 2013

Kisah sebuah Jendela

Baca : Yeremia 17 : 9 – 10
Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? (Yeremia 17 : 9)

Sepasang suami istri yang baru saja menikah menempati rumah di satu komplek perumahan. Suatu pagi, si istri melalui jendela kaca melihat tetangganya menjemur kain. "Cuciannya kurang bersih ya", kata sang istri. "Sepertinya dia tidak tahu cara mencuci pakaian." Suaminya menoleh, namun tidak memberi komentar apapun. Sejak hari itu setiap kali tetangganya menjemur pakaian, selalu sang istri memberikan komentar yang sama tentang kurang bersihnya si tetangga mencuci pakaiannya. Seminggu berlalu, sang istri heran melihat pakaian yang dijemur tetangganya kini terlihat bersih. Dia berseru kepada suaminya: "Lihat, sepertinya dia telah belajar mencuci dengan benar." Sang suami berkata, "Saya bangun pagi hari ini dan membersihkan jendela kaca kita."

WANITA, hari ini kita merasa seseorang busuk tingkahnya di hadapan kita? Jangan buru-buru menghakimi karena bisa saja hati kita yang sedang bermasalah. Firman Tuhan menasehati kita agar benar-benar menjaga hati karena hati kita sangat licik. Hati kita bisa sangat benci pada seseorang, namun tindakan kita bisa semanis madu dan ucapan kita sangat merdu di hadapan orang itu. Kita bisa sangat pahit pada seseorang, namun dihadapannya kita bisa mengeluarkan kata-kata pujian. Itulah salah satu kehebatan hati. Hebatnya lagi, firman Tuhan berkata hati yang membatu siapa yang mengetahuinya. Artinya tak ada seorang pun yang tahu apa isi hati kita, hanya Tuhan dan kita saja yang tahu.

Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung kepada kejernihan pikiran kita saat memandangnya. Jika hati bersih, maka bersih pula pikiran. Jika pikiran bersih, maka bersih pula perkataan. Jika perkataan bersih maka bersih pula perbuatan. Hati, pikiran dan perkataan mencerminkan hidup kita. Jika ingin hidup kita berkembang, maju dan rohani Maka jagalah hati, pikiran, dan perkataan. Selalu koreksi hati agar kita selalu mampu memandang positif segala peristiwa yang kita hadapi. Jagalah dan selalu bersihkan hati.  Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 4 April 2013
Pertanyaan    : Apakah selama ini saya selalu mengoreksi dan menjaga hati?
Aplikasi          : Jagalah hati, pikiran, dan perkataan.
Doa                 : Bantu aku Tuhan untuk selalu mampu menjaga hatiku tetap bersih. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar