Website counter

Selasa, 30 April 2013

Hindari Para Pengeluh

Baca : I Korintus 15 : 33 – 34
Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. (I Korintus 15 : 33)

Pilihan Anda berkenaan kelompok teman akan menjadi faktor penentu kesuksesan atau kegagalan dalam hidup Anda. Suatu percakapan akan bertindak seperti penegasan bagi Anda sementara lawan bicara memberi makan Anda dengan padangan mereka yang positif atau negatif. Jika tidak ada orang yang diajak bicara, maka membacalah buku-buku yang positif. Isilah terus pikiran Anda dengan hal-hal positif.

Mengapa ada beberapa orang tidak suka melihat Anda bertumbuh dan melakukan satu tindakan yang lebih produktif daripada mereka? Karena saat Anda bertumbuh, mulai terlihat kekurangan mereka. Misalnya Anda tidak pernah curi waktu untuk bergosip saat jam kerja sedangkan beberapa rekan Anda suka bergosip, maka akan terlihat Anda lebih baik daripada mereka. Beberapa orang bahkan secara agresif akan menyerang Anda. Oleh karena itu hindari orang-orang yang suka mengeluh karena mereka akan melemahkan semangat Anda untuk menyelesaikan sisa hari ini dengan penuh kemenangan. Hindari teman-teman yang membuat diri Anda tidak maksimal dan kompromi dengan dosa. Firman Tuhan mengajar kita untuk memperhatikan pergaulan kita, karena itu akan sangat mempengaruhi pola pikir kita. Kalau selama ini kita lebih banyak mendengarkan omongan rekan kerja yang selalu negatif, kritikal kepada perusahaan namun dirinya sendiri tidak memberikan kontribusi terbaik, atau mengeluhkan ini dan itu tetapi tidak mau memperbaiki diri, mulailah jaga jarak.

Orang-orang yang suka mengeluh adalah bagian dari problem, dan suatu problem tidak pernah dipecahkan dengan mengeluh tentangnya. Siang ini, mari isi waktu istirahat kita dengan lebih suka bergaul dengan orang-orang yang optimis dan selalu bereaksi positif saat menghadapi problem. Jangan sia-siakan waktu Anda yang berharga untuk mendengarkan omongan orang-orang yang tidak bisa menikmati tantangan dan tidak mau fokus pada solusi. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Siang – Kamis, 25 April 2013
Pertanyaan    : Omongan orang-orang positif atau negatif yang selama ini kita dengar?
Aplikasi          : Bergaulah dengan orang-orang yang optimis.
Doa                 : Tuhan, ajar kami memiliki pergaulan yang positif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar