Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Saya Berharga


Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. (Yesaya 43 : 4)

Ayat Bacaan :
Yesaya 43 : 1 – 7

Penelitian yang dilakukan oleh Hollenbeck and Hall yang dimuat di Organizational Dynamics mengungkapkan bahwa percaya diri memiliki pengaruh besar terhadap kualitas pekerjaan. Lebih lanjut, penelitian ini menyatakan bahwa level kepercayaan diri seseorang akan mempengaruhi kemampuannya dalam memimpin, mengatasi masalah, dan menentukan cepat lambatnya orang itu dipromosikan.

Percaya diri bukan ditentukan dari seberapa cakep atau cantik wajah kita, seberapa tebal dompet kita, seberapa tinggi pendidikan kita, atau seberapa hebat posisi kita dalam pekerjaan, namun ditentukan oleh diri kita sendiri, apapun latar belakang kita, dan butuh proses. Oleh karena itu bagi kita yang saat ini memiliki sikap minder dan pemalu, kita perlu menganalisa diri kita lebih dulu, mengapa saya harus minder. Saya diciptakan Tuhan sebagai manusia yang berharga, apa yang membuat saya tidak berani antusias saat ketemu orang?

Cara sederhana agar kita memiliki percaya diri dalam batas yang wajar adalah hargailah dirimu sendiri. Kalau kita memandang negatif diri sendiri, bagaimana mungkin kita memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang untuk menyetujui atau menghargai apa yang kita utarakan. Apapun kelemahan Anda, apapun kegagalan Anda di masa lalu, jangan pernah berikan ruang buat iblis membelenggu Anda untuk tidak berani memperbaikinya.

Anda berharga di mata Tuhan dan Tuhan mengasihi Anda. Latih diri terus menerus untuk selalu memandang diri Anda berharga dan berguna buat banyak orang. Hargailah diri sendiri lebih dulu sehingga orang lain pun menghargai Anda. Orang lain boleh mengatakan berbagai hal yang negatif tentang Anda, namun Tuhan selalu bersikap positif kepada Anda. (RTG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar