Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Kebaikan Kecil


Baca : Amsal 3 : 27 – 35
Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. (Amsal 3 : 27)

Tahun 2006 merupakan tahun di mana kondisi keuangan saya sedang terpuruk. Kala itu saya kuliah tanpa mendapat biaya lagi dari orangtua, sehingga saya melamar pekerjaan ke sana ke mari, sambil bekerja serabutan. Suatu hari saat mengantar pesanan seorang teman ke rumahnya, ban sepeda saya sobek sehingga baik ban dalam maupun ban luarnya harus diganti. Padahal uang yang ada di dompet tak cukup. Akhirnya sambil menuntun sepeda, saya tetap mengantar pesanan ke rumahnya. Melihat keadaan sepeda dan tahu saya tak ada uang untuk beli ban, teman ini meminjami saya uang tiga puluh ribu rupiah sambil berkata nggak usah buru-buru dikembalikan. Kalau sudah ada pekerjaan tetap, baru saya boleh mengembalikan pinjamannya. Berkat bantuannya saya bisa membeli ban.

WANITA, peristiwa itu terjadi enam tahun silam dan saya percaya teman ini mungkin sudah lupa atas apa yang dia lakukan. Namun bagi saya, kebaikan kecilnya selalu saya ingat. Satu hal tampaknya sepele bagi seseorang, ternyata bisa menjadi hal yang sangat berarti dan selalu diingat oleh orang yang menerimanya. Mungkin ada sebagian kita paling malas kalau melakukan satu kebaikan yang terkesan sangat remeh. Misalnya menolong seorang nenek atau seorang buta menyebrang jalan, memberikan petunjuk jalan dengan ramah pada seseorang dari luar kota yang bertanya arah jalan, atau memberikan secangkir teh hangat pada seorang tak dikenal yang berteduh di teras rumah kala hujan. Jangan pernah anggap remeh kebaikan-kebaikan kecil karena kadang itu bisa berdampak besar bagi orang yang menerimanya.

Kalau kita bisa menabur kebaikan, jangan pernah menahannya dengan alasan apapun, karena kadang Tuhan kirimkan orang-orang tertentu kepada kita untuk bisa kita tolong, supaya kita bisa mempraktekkan kasih. Buatlah dunia lebih baik dengan kita menabur kebaikan-kebaikan kecil kepada siapapun yang bisa kita bantu saat ini. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 8 February 2013
Pertanyaan    : Pernahkah saya menahan kebaikan?
Aplikasi          : Buatlah dunia lebih baik dengan menabur kebaikan.
Doa                 : Tuhan, lembutkan hatiku agar aku selalu mampu menabur kebaikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar