Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Karyawan Bintang


Matius 4 : 18 – 22
Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (Matius 4 : 19)

Dale Carnegie telah mempekerjakan banyak karyawan bintang. Bahkan, 43 orang dari karyawannya akhirnya menjadi jutawan. Bagaimana resep Carnegie mendapatkan karyawan-karyawan bintang seperti itu? Ternyata orang-orang yang bekerja pada Carnegie awal mulanya juga karyawan biasa, namun setelah bekerja beberapa tahun akhirnya menjadi karyawan bintang, bahkan banyak yang menjadi jutawan pada akhirnya. Mengapa bisa demikian? Dale Carnegie berkata, ″Manusia dikembangkan dengan cara yang sama seperti orang menambang emas. Sekian ton tanah harus dibuang untuk mendapatkan satu ons emas. Tetapi Anda tidak pergi ke tambang emas untuk mencari tanah, bukan? Anda pergi ke tambang emas untuk mencari emas.″

Apa yang Anda cari itulah yang Anda dapat. Saya percaya sebagian kita merupakan pemimpin atau pemilik perusahaan yang tentunya sangat ingin memiliki karyawan atau mitra kerja yang berkualitas. Kita merekrut orang-orang yang menurut kita kompeten. Namun masalah mengenai apakah mereka kelak akan menjadi karyawan yang hebat atau tidak, itu ditentukan dari bagaimana cara kita memimpin mereka. Kalau kita hanya fokus pada kekurangan mereka, hanya menuntut mereka berubah dan berubah semakin lebih baik namun kita sendiri tidak menyingkirkan hal-hal yang menghambat mereka bertumbuh, sampai kapan pun kita tidak akan mendapatkan karyawan yang hebat. Fokuslah pada kelebihan-kelebihan mereka seperti yang dilakukan Yesus. Murid-murid Yesus yang sebagian adalah nelayan dan pemungut cukai bisa demikian hebat berkarya karena keahlian Yesus dalam memimpin.

Pro & Biz, lihatlah yang baik, carilah yang baik, galilah potensi yang dimiliki karyawan kita sehingga potensi itu menjadi kekuatan dan keunggulan. Buanglah hal-hal yang buruk dari karyawan kita dan carilah yang positif. (RTG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar