Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Perkara Kecil

Baca : Yohanes 6 : 1 – 15
"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" (Yohanes 6 : 9)

Hanover adalah salah satu kota di Jerman yang terletak di tebing tinggi dekat laut. Penduduknya hanya sekitar 520 ribu jiwa. Selain industri bir, tak ada produk lain yang menjadi andalan Hanover untuk menjaring wisatawan. Dibanding kota-kota lain di Jerman, jumlah turis yang berkunjung tergolong minim. Meski kota kecil, Hanover cukup terkenal di dunia internasional karena pemerintah kota setempat menggelar pameran berskala internasional. Hampir setiap tahun di kota ini digelar pameran besar. Yang paling menyedot perhatian adalah CeBit, pameran komputer dan produk elektronik yang rutin digelar tiap maret dan Hanover Messe (Hanover Fair). Kedatangan para turis mancanegara dalam even-even itu mendatangkan devisa bagi negara Jerman.

Kita kadang meremehkan perkara kecil, padahal dari cara kita menghadapi perkara kecil itulah akan kelihatan bagaimana cara kita menghadapi perkara besar. Waktu Yesus menguji para murid dengan bertanya dimanakah kita akan membeli roti, Filipus langsung mengkalkulasi berapa uang yang harus keluar untuk memberi makan ribuan orang (ayat 7). Andreas lalu mengatakan ada anak membawa lima roti jelai dan dua ikan, namun apa artinya itu buat orang sebanyak ini (ayat 9). Mereka lupa bahwa Yesus adalah Tuhan yang Maha Kuasa. Akhirnya dari perkara kecil berupa lima roti jelai dan dua ikan, Yesus melakukan mujizat besar yaitu mengenyangkan perut ribuan orang.

Renungan hari ini mengajak kita untuk jangan pernah menganggap remeh sesuatu yang terkesan kecil dan kurang berkelas. Kisah kota Hanover dan kisah Yesus memberi makan lima ribu orang kiranya membuat kita belajar setia dalam berbagai perkara kecil agar kita pun bisa setia dalam berbagai perkara besar. Tuhan hanya akan memberikan tanggung jawab dan berkat besar kalau kita mau terlebih dahulu setia dalam berbagai perkara kecil. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Sabtu, 2 February 2013
Pertanyaan    : Apakah saya suka menganggap remeh sesuatu yang kecil?
Aplikasi          : Setialah dalam berbagai perkara kecil.
Doa                 : Tuhan, ajar aku setia dalam berbagai perkara kecil yang Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar