Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Chen Xianmei


Lukas 10 : 25 – 37
Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. (Lukas 10 : 33)

Chen Xianmei bukanlah artis baru Mandarin yang sedang naik daun, bukan pula seorang milyader baru tingkat dunia. Chen hanyalah seorang nenek kurus berusia 58 tahun yang menyambung hidup dengan menjadi pemulung jalanan yang menolong Wang Yue (2) yang tergeletak di tengah jalan sebuah pasar kota Foshan dengan tubuh penuh luka dan berlumuran darah. Dalam video rekaman kecelakaan Wang Yue yang beredar luas di internet, Chen tampak menjatuhkan karung sampahnya dan bergerak ke arah Wang Yue. Dalam video rekaman itu, tampak pula orangtua Wang Yue membungkuk di depan nenek kurus yang ukuran badannya tidak berbeda jauh dengan bocah yang ditolong olehnya.
 Pemerintah setempat akhirnya memberikan Chen hadiah sebesar USD 3000. Seorang pengusaha juga memberikannya USD 1500. Chen pun tampak bingung saat menerima hadiah tersebut. Hadiah yang didapatkannya  langsung ia donasikan untuk perawatan Wang Yue di rumah sakit, yang akhirnya meninggal dunia akibat kerusakan otak. Ketika dia ditanya apa alasannya menolong anak kecil itu, ia menjawab : "Saya hanya melakukan hal yang sederhana." (Sumber : Southern Metropolis Daily- 20/10/2011).
WANITA, apakah kita memiliki belas kasihan? Untuk mengetahuinya sangatlah sederhana. Kalau kita melihat ada orang tak dikenal yang mengalami kecelakaan di jalan, apakah kita tergerak hati untuk menolongnya atau kita berlalu pergi? Ketika melihat seorang pengamen kecil hanya bisa melihat kita makan dengan enak di sebuah warung makan kaki lima, apakah kita tergerak hati untuk membelikannya sebungkus nasi? Ketika kita mendengar ada rekan satu gereja mengalami kesulitan untuk membayar biaya pengobatan anaknya di rumah sakit, apakah kita mau menyisihkan sebagian gaji kita untuk membantunya?
 Tuhan tak butuh teori kita tentang kasih, Tuhan tak butuh tutur kata kita yang manis tentang kasih, yang Tuhan butuhkan adalah tindakan kasih seperti yang dilakukan orang Samaria. Jangan beralasan kita miskin, tua, dan berkekurangan untuk tak bisa mengasihi orang lain karena Xianmei membuktikan dia bisa walaupun hanya seorang pemulung. Saya percaya pembaca Renungan Wanita diberkati Tuhan dalam banyak hal, sehingga bisa membeli dan membaca buku renungan ini. Marilah kita tak hanya membaca dan tak melakukan apa-apa, namun kita membaca dan melakukan tindakan kasih. (Richard T.G.R)

Doa : Tuhan, ajar aku melakukan tindakan-tindakan kasih. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar