Website counter

Kamis, 28 Februari 2013

Menyertakan Tuhan


Bilangan 14 : 39 – 45
Janganlah maju, sebab TUHAN tidak ada di tengah-tengahmu, supaya jangan kamu dikalahkan oleh musuhmu, (Bilangan 14 : 42)

Os Hilman, penulis buku laris ″Nine to Five Window″, menceritakan salah satu pengalamannya. Seorang penasehat investasi berkata kepadanya untuk tidak usah melunasi hipoteknya. Ia menganjurkan uangnya digunakan untuk investasi sehingga menghasilkan lebih dari bunga hipotek yang ia bayar. Termakan oleh nasihat itu, ia memutuskan menunda pelunasan hipotek dan menggunakan uangnya untuk diinvestasikan. Ternyata prediksinya meleset karena investasi yang ditanamkan justru hancur berantakan. Padahal ia tetap harus membayar hipotek plus bunganya, padahal duit tak ada. Alhasil, selama tujuh tahun ia mengalami masalah keuangan karena salah mengambil keputusan.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kita boleh pintar, boleh punya keuangan yang baik, punya aset yang cukup kuat, namun kalau kita tidak menyertakan Tuhan, semuanya sia-sia. Jangan pernah merasa sombong dan merasa dunia sudah ada dalam genggaman karena kita sudah sangat menguasai talenta tertentu dan punya modal kuat. Beberapa orang dari bangsa Israel mengeraskan hati untuk tidak mau mendengar perintah Tuhan yang menghukum mereka tidak bisa memasuki tanah perjanjian selama 40 tahun ke depan. Mereka tetap maju untuk berusaha menduduki tanah perjanjian. Saat musa berusaha mengingatkan, mereka tetap tak peduli. Hasilnya, mereka dicerai-beraikan. Tanpa penyertaan Tuhan semua usaha mereka sia-sia sekalipun mereka punya semangat berapi-api dan kemauan. Mereka harus mau menanggung buah ketidaktaatan mereka. Karena mereka bandel dan tidak terima dengan keputusan Tuhan, maka Tuhan juga biarkan mereka dipukul mundur oleh orang Amalek dan orang Kanaan. Tuhan tidak lindungi mereka yang tidak mau mengandalkan diri-Nya.

Karena kita tidak pernah tahu hari esok, mari kita belajar punya sikap rendah hati di hadapan Tuhan. Selalu sertakan Tuhan dalam keluarga, pelayanan, bisnis, atau pekerjaan yang kita kerjakan sehari-hari. Tanpa penyertaan Tuhan, segigih apapun kita berusaha, sekuat apapun modal kita, atau sehebat apapun talenta kita, semuanya sia-sia dan kita pasti menanggung kerugian besar. Sehebat apapun kita, jangan pernah mengandalkan diri sendiri. {rtgr}

DOA   : Lembutkan hati kami Tuhan untuk selalu menyertakan Engkau dalam setiap tindakan yang kami lakukan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar