Website counter

Senin, 16 April 2012

Tiru Semangatnya

Baca : Filipi 3:17-4:1
Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. (Filipi 3 : 17)

Seorang seniman pembuat kaca-kaca jendela antinoda didekati seorang anak asuhnya yang sudah beberapa waktu belajar padanya. Seniman muda itu bertanya apakah ia mendapat keistimewaan untuk meminjam perkakas sang guru. ″Mengapa kamu menginginkan perkakasku, nak?″ katanya. ″Ya, saya ingin menggunakannya untuk melihat kalau-kalau perkakas-perkakas itu akan membuat suatu perbedaan dalam pekerjaan yang saya lakukan.″

Seminggu kemudian sang guru mengunjungi seniman muda itu di studionya dan menanyakan kepadanya, ″Nak, bagaimana hasil pekerjaanmu dengan perkakasku?″ ″Buruk, guru. Nyatanya, hasil pekerjaanku sekarang tidak lebih bagus daripada ketika saya menggunakan perkakas saya sendiri.″ Dan seniman muda ini nampak kecewa. Seorang seniman lainnya yang sudah beruban mendengar percakapan mereka dan berkata kepada seniman muda itu, ″Nak, bukan perkakas gurumu yang kamu butuhkan, melainkan semangatnya.″

Ada beberapa diantara kita berpikir kalau aku bisa sekaya dia, kalau aku punya talenta sehebat dia, kalau aku punya koneksi orang-orang terkenal, aku pasti bisa sukses. Sebagian orang hanya fokus pada peralatan yang dimiliki orang lain sehingga dirinya dari waktu ke waktu menunggu Tuhan memberikan peralatan itu, hasilnya sukses yang diinginkan tak kunjung datang. Tuhan sanggup memberikan modal seperti keinginan kita. Namun Tuhan ingin kita meniru semangat orang lain, bukan peralatan atau talenta yang mereka miliki. Orang-orang sukses seperti Ciputra, Bob Sadino, Rudi Hartono, Agnes Monica, tidak langsung sukses dalam semalam, namun mereka memulai dari bawah. Sekarang mereka berhasil karena semangat hidupnya tinggi, semangat itulah yang kita tiru. Paulus berhasil menginjil ke sana ke mari karena memiliki semangat juang memberitakan injil, tirulah semangat Paulus dalam menginjil, maka kita pasti berhasil dalam pelayanan. Kalau orang lain bisa, kita pasti bisa. Teladani semangat orang lain. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Selasa, 17 April 2012
Pertanyaan    : Bagaimana cara pandangku akan kesuksesan orang lain?
Aplikasi          : Tirulah semangatnya, bukan hartanya.
Doa                 : Tuhan, ajar aku meniru semangat juang orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar