Website counter

Sabtu, 14 April 2012

Sebab Akibat

Baca : Lukas 8 : 40 – 56
Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!" (Lukas 8 : 48)

″Kalau kamu belajar sungguh-sungguh dan naik kelas, liburan nanti Papa ajak kamu pergi ke Semarang.″ Itulah janji almarhum Papa saya sewaktu saya duduk di bangku kelas satu SMA. Kala itu saya meminta Papa mengijinkan saya pergi liburan ke Semarang dan itu butuh ongkos. Papa tak mau begitu saja memberikan uang dan pergi menemani saya berlibur tanpa usaha. Oleh karena itu beliau memberi syarat agar saya menghargai apa yang beliau berikan. Hasilnya saya sungguh-sungguh belajar sehingga naik kelas dan pengalaman itu teringat selalu dalam memori saya sebagai pengingat bahwa segala sesuatu butuh usaha. Mujizat hanya bisa terjadi kalau kita mau berusaha lebih dahulu, tidak hanya sekedar meminta.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, sebab pasti menghasilkan akibat. Kalau kita bekerja pasti mendapat upah. Kalau kita tidur cukup di malam hari, pasti saat bangun tubuh kita segar. Hal ini pun berlaku dalam kerohanian kita, kisah seorang perempuan yang sakit pendarahan adalah contohnya. Perempuan itu bisa sembuh karena ia mau berusaha mendekati Yesus dan menjamah jubahnya. Alkitab menulis situasi saat itu cukup ramai. Orang banyak berdesak-desakan di sekitar Yesus (ayat 42) sehingga pasti sangat sulit mendekati Yesus. Namun perempuan ini dengan sekuat tenaga mendekat dan berhasil menjamah jubah Yesus. Kombinasi perbuatan dan imannya telah menyelamatkannya (ayat 48).

Tuhan sanggup memberikan apapun yang kita butuhkan dan minta, walaupun hal itu mungkin mustahil bagi kita. Pertanyaannya adalah apakah kita sudah berdoa dan berusaha atau hanya sekedar berdoa tetapi tidak mau berusaha? Orang yang mau beriman dan berusaha pasti mendapatkan hasil. Lakukan usaha walau pun sulit dan hasilnya tidak langsung kelihatan, maka pasti kita akan mendapatkan apa yang kita mau, karena Tuhan tahu pasti memberikan apa yang terbaik untuk diri kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 07 April 2012
Pertanyaan    : Apakah aku mau berjerih lelah?
Aplikasi          : Berusahalah agar kita mendapatkan hasil.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mau berjerih lelah agar menuai hasil. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar