Website counter

Senin, 16 April 2012

Anatomy of Illness

Baca : Matius 5 : 1 – 12
Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta. (Amsal 15 : 15)

Anatomy of Illness adalah buku yang ditulis Norman Kose. Bukunya menjadi kajian pengobatan modern bagi para medis dan laris terjual. Bukunya menceritakan pengalamannya saat ia menderita sakit tulang punggung menahun yang parah. Walau berbagai pengobatan sudah ia coba, kondisinya tak kunjung membaik. Kesembuhannya muncul saat ia merenungkan satu kalimat yang berbunyi ″hati yang gembira adalah obat.″ Ia lalu memutuskan mempraktekkan kalimat itu dengan menghentikan obat penghilang rasa sakit yang biasa diminumnya. Sebagai gantinya ia mengkonsumsi vitamin C dan banyak bergembira. Hasilnya ia sembuh, dan pengalamannya ini ia bukukan, tujuannya agar makin banyak orang sembuh dengan cara yang alami dan murah.

WANITA, Tuhan sudah berikan obat yang murah meriah namun manjur untuk berbagai penyakit yaitu tertawa. Memang betul pada kenyataannya tak semua penyakit bisa disembuhkan dengan tertawa, namun sebagian besar penyakit bisa muncul karena kita tidak sukacita dalam menjalani hidup, tidak bahagia melihat hal-hal baik, sehingga kita tak bisa tertawa. Walau dunia hari ini penuh dengan berita kejahatan, bencana alam, atau korupsi yang merajalela, ada banyak peristiwa yang sebetulnya bisa membuat kita tertawa. Melihat pelawak mencari nafkah dengan cara melucu, kita bisa tertawa. Menonton film komedi, kita bisa tertawa. Menyadari kita melakukan satu kesalahan konyol, kita pun bisa tertawa. Tertawa akan membuat jiwa dan raga nyaman.

WANITA, keluhan, amarah, iri hati, atau menggerutu tak akan membuat panjang umur dan justru mendatangkan penyakit. Hidup ini sangat indah dan singkat, sehingga isilah hidup dengan bersukacita. Tuhan Yesus mengajak kita berbahagia dalam berbagai hal karena itu berguna bagi kita baik saat masih hidup di dunia maupun saat kembali ke surga. Jadi, marilah kita tertawa lepas setiap hari. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 12 April 2012
Pertanyaan    : Apakah aku selama ini fokus pada hal-hal positif?
Aplikasi          : Tertawalah atas segala kebaikan Tuhan karena itu baik bagi dirimu.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menikmati hidup yang Engkau berikan dengan tertawa lepas. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar