Website counter

Senin, 16 April 2012

Kenapa Nasi Lengket?

Baca : Kisah Para Rasul 2 : 41 – 47
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. (Kisah Para Rasul 2 : 42)

Semua biji tanaman mengandung zat protein yang disebut gluten, yang dalam bahasa Latin artinya lem. Oleh karena itu zat lengket pada biji padi disebut gluten. Gluten pada biji padi berfungsi untuk pertumbuhan calon anak tanaman padi. Gluten pada biji padi terletak di bagian endosperma biji padi. Zat gluten ini terikat bersama-sama zat karbohidrat atau zat pati. Oleh karena itu nasi akan terasa lengket jika diremas-remas.

Air rebusan beras juga terasa lengket sebab air rebusan beras mengandung gluten. Ibu-ibu jaman dahulu memberi makan bayi dengan air rebusan beras atau disebut air tajin karena mengandung banyak protein biji padi. Biji gandum pun mengandung 2 jenis protein gluten. Oeh karena itu orang membuat martabak pasti menggunakan tepung gandum karena lebih lengket daripada tepung beras.

Jagoan Kristus, dalam bergaul apakah kamu bisa lengket dengan teman-temanmu, atau kamu selalu menjaga jarak? Hubungan pertemanan yang sehat harus saling mengenal satu sama lain. Kalau kita menjaga jarak dengan teman-teman atau hanya mau bergaul dengan anak-anak tertentu yang kamu anggap sederajat denganmu, kamu sudah mendukakan hati Tuhan karena tidak menghargai ciptaan-Nya, yaitu teman-temanmu. Cobalah lihat nasi yang ada di piringmu sebelum dimakan. Mereka lengket satu sama lain. Kamu pun hendaknya bisa bergaul dengan siapapun sehingga disukai banyak orang. Murid-murid Yesus di jemaat mula-mula disukai semua orang karena mereka dekat satu sama lain. Contohlah teladan mereka dengan bisa bergaul dengan semua temanmu dan dekat satu sama lain. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Kamis, 26 April 2012
Pertanyaan    : Seberapa erat hubunganku dengan teman-temanku?
Aplikasi          : Jangan membeda-mbedakan saat bergaul.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menjadi teladan baik bagi teman-temanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar