Website counter

Sabtu, 14 April 2012

Fokus pada Tujuan Hidup

Baca : I Korintus 9 : 24 – 27
Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! (I Korintus 9 : 24)

Ketika kita berlari atau mengendarai sepeda motor, lebih banyak ke arah mana pandangan kita? Pasti pandangan kita cenderung fokus ke depan, tul nggak? Memang kadangkala kita menengok ke kanan, ke kiri, atau melihat ke belakang. Kalau kita berjalan atau mengendarai kendaraan tidak fokus ke depan, pasti kita nabrak, jatuh atau mengalami kecelakaan. Fokus pada tujuan hidup atau sesuatu yang kita kerjakan akan membuat kita selamat sampai tujuan atau berhasil mengerjakan sesuatu. Tanpa fokus ditambah lebih suka membanding-mbandingan diri dengan lingkungan, akan membuat kita nggak pernah berhasil meningkatkan kualitas diri dan sukses mengerjakan sesuatu yang sesuai talenta kita.

Guys, kita udah tahu fokus itu penting banget dalam apapun yang kita kerjain, namun lucunya ada sebagian orang yang pingin sukses bukannya fokus dengan hidupnya, namun fokus dengan apa yang dikerjain orang lain. Contoh simplenya iri hati melihat ada rekan kita yang jago banget nyanyi dan ngedance, sehingga kita mati-matian pengen bisa seperti dia. Padahal suara kita pas-pasan dan tubuh kita nggak terlatih untuk joget. Kita jengkel kenapa teman kita punya talent melukis sedangkan kita nggak. Dll. Sesungguhnya kita semua udah Tuhan kasih berbagai talent yang sesuai dengan diri kita, sayangnya talent itu nggak berkembang karena kita selalu memperhatikan talent orang lain. Kita ibarat orang lagi balap lari, namun sibuk nengok kanan kiri sehingga jatuh.

Guys, setiap orang punya kelebihan dan orang itu pasti sukses dengan kelebihannya saat ia mulai belajar fokus pada kelebihannya, bukan kelebihan orang lain. Memang seringkali kelebihan orang lain kelihatan lebih hebat dan lebih mendapat pujian daripada kelebihanmu, namun tetaplah bersyukur atas kelebihan apapun yang udah Tuhan berikan. Fokus dan jadikan kelebihan yang kamu punya sebagai modal untuk membangun kesuksesan yang memuliakan Tuhan dan berguna untuk sesama. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Minggu, 08 April 2012
Pertanyaan    : Apakah aku fokus pada kelebihanku?
Aplikasi          : Jangan iri dengan talenta orang lain.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menghargai talenta yang Engkau Berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar