Website counter

Rabu, 04 April 2012

Bersihkan Bagian Dalam

Baca : Matius 23 : 1 – 36
Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih. (Matius 23 : 26)

Saat saya pulang kampung dan tinggal selama beberapa di rumah orang tua, saya tergerak ingin membersihkan kaca-kaca jendela rumah yang kotor. Segera saya persiapkan segala peralatan untuk membersihkan dan segera saya beraksi membersihkan bagian dalam lebih dahulu baru bagian luar. Setelah selesai, saya agak jengkel dengan satu kaca yang tak kunjung bersih saya bersihkan, padahal saya sudah berusaha setengah mati. Saudara saya yang kebetulan melihat saya kesal setengah mati lalu menunjukkan bahwa bukan bagian luarnya yang kotor, namun bagian dalamnya. Rupanya tadi saya membersihkan bagian dalam kurang bersih sehingga masih meninggalkan noda. Inilah yang menjadi masalah.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, sering tanpa kita sadari kita melakukan beberapa kebodohan dalam hidup. Kita mengalami ″kerusakan″ di bagian dalam diri kita, namun kita sibuk memperbaiki bagian luar. Kita sakit hati kepada rekan kantor, kita tidak bereskan masalah itu dengannya justru nonton film porno. Kita sedang depresi karena tekanan kerja, kita lari ke tempat karaoke. Kita mengalami masalah keuangan, bukannya mengevaluasi diri namun menyetujui tawaran kartu kredit. Saat kita dirundung rasa bersalah karena membohongi suami atau istri, kita bukannya membereskan namun sibuk memikirkan kebohongan-kebohongan berikutnya agar kebohongan pertama tidak terbongkar. Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi dikecam Yesus karena mereka bersih dibagian luar namun busuk didalam.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kerusakan di dalam tidak akan pernah bisa pulih kalau kita menutupinya atau sibuk memoles bagian luar. Periksa bagian dalam, cari masalahnya, lalu obati. Kalau pikiran kita beres, maka tindakan kita perlahan tapi pasti akan membereskan kejadian-kejadian yang kita alami. Mintalah bantuan Yesus untuk memulihkan hati kita dan memberikan jalan keluar yang terbaik. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Kamis, 05 April 2012
Pertanyaan     : Apakah aku mau membereskan kerusakan bagian dalam?
Aplikasi          : Pulihkan hati lebih dahulu, maka bagian luar kita akan pulih
Doa                : Tuhan, bimbing aku agar selalu menjaga dan membersihkan hati. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar