Website counter

Senin, 16 April 2012

Teladan Sang Guru

Baca : Yohanes 13 : 1 – 20
Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu. (Yohanes 13 : 15)

Sejak kecil sampai sekarang, kita pasti sering sekali menerima nasehat atau pelajaran dari orang-orang di sekitar kita. Sebagian besar nasehat mereka pasti berisi hal-hal yang baik, hal-hal yang mengajarkan kita hidup lurus. Namun kenapa kadang kita tak mau menuruti omongan mereka? Sederhana, karena tidak adanya teladan.

WANITA, sudah biasa kita mendengar petinggi negara ini gembar-gembor cintailah produk Indonesia, tetapi mobil dinasnya buatan luar negeri dan saat tamasya sukanya ke luar negeri. Sudah biasa kita dengar beberapa petinggi negara berkata memerangi korupsi, tetapi beberapa waktu kemudian ditangkap KPK karena terbukti korupsi. Sudah biasa pula kita mendengar ada pendeta ngajarin saling mengasihi, namun pendeta itu bermusuhan dengan pendeta gereja lain. Sudah biasa kita dengar guru menasehati anak didiknya agar jangan menyontek atau melakukan kekerasan, namun kenyataan berbicara ada beberapa guru yang melakukan pemukulan pada muridnya sendiri dan ada guru menyuruh muridnya nyontek saat UN agar mereka semua lulus. Mungkin kita juga pernah kecewa pada penulis yang pintar menulis ini dan itu, namun pada prakteknya penulis itu tak bisa melakukan apa yang dia tulis.

WANITA, lalu bagaimana caranya kita tetap bisa bertumbuh dalam iman kita kepada Tuhan di tengah orang-orang yang sebagian hanya bisa menasehati namun tak bisa memberikan teladan? Pertama, ikuti nasehat Yesus yang mengajar kita agar menuruti ajaran ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi namun jangan tiru perbuatan mereka (Matius 23 : 3). Kedua, jadikan Yesus sebagai teladan kita. Jika kita hari ini menyebut Yesus adalah Guru dan Tuhan, lakukan apa yang Yesus lakukan (ayat 15). Sederhana, bukan? Jadilah orang yang memberi teladan, bukan hanya sekedar memberikan nasehat tanpa praktek. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Senin, 30 April 2012
Pertanyaan    : Apakah hidupku menjadi teladan baik buat orang lain?
Aplikasi          : Turuti perintah Yesus dan teladan-teladanNya.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk menjadikan Engkau sebagai teladanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar