Website counter

Senin, 16 April 2012

Eskalator

Baca : Amsal 15 : 32
Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan pengkhianat-pengkhianat mencelakakan mereka. (Amsal 13 : 15)

Eskalator atau tangga berjalan sangat berguna di zaman ini, terutama di kota-kota besar yang banyak memiliki gedung bertingkat. Coba bayangkan bila kita harus naik turun gedung bertingkat 10 atau 20 tanpa eskalator. Aduh cape sekali. Eskalator diciptakan oleh Jese Reno dan Charles Seeberger pada tahun 1890. Sepuluh tahun kemudian di tahun 1900, eskalator pertama dipasang di kota New York, setahun kemudian dipasang di kota Philadelphia.

Eskalator dirancang mudah digunakan. Ia terdiri dari rangkaian anak tangga yang mempunyai roda. Sehingga mereka mudah bergerak pada landasan penopangnya. Antara anak tangga yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh rantai kokoh yang digerakkan oleh sebuah motor listrik. Umumnya, tangga berjalan itu lebarnya bervariasi, yaitu sekitar 60 – 120 cm. Kecepatannya mencapai 27 hingga 54 meter per menit dan dalam waktu satu jam ia mampu memuat sepuluh ribu penumpang. Eskalator hanya berfungsi manual, artinya hanya bisa digunakan untuk naik atau turun saja sehingga jangan naik eskalator melawan arah bergeraknya. Hati-hati saat naik eskalator, jangan menginjak garis kuning diujung tangga yang pertama kali muncul karena kamu bisa jatuh terjengkang. Jangan melompat-lompat saat naik eskalator karena menganggu kenyamanan dan bisa merusak anak tangga.

Jagoan Kristus, Jese Reno dan Charles Seeberger bisa menciptakan eskalator karena menggunakan akal budinya untuk mendatangkan kemudahan, sehingga kita tak perlu lelah naik turun mall sambil menikmati lantai demi lantai. Kamu pun bisa menciptakan benda yang berguna bagi manusia kalau senantiasa takut akan Tuhan, patuh akan nasehat orangtua, dan tekun belajar. Gunakan akal budimu untuk hal-hal yang positif ya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Rabu, 18 April 2012
Pertanyaan    : Sudahkah aku menggunakan akal budiku untuk kebaikan orang lain?
Aplikasi          : Gunakan segala kemampuan untuk menghasilkan tindakan terbaik.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk hikmat yang Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar