Website counter

Senin, 16 April 2012

Penghancur Impian

Baca : Bilangan 13 : 1 – 33
Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: "Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita." (Bilangan 13 : 31)

Orang jenis apakah yang bisa menghancurkan impian atau semangat orang lain? Orang yang selalu mengeluarkan komentar negatif. Walaupun kita berharap tidak bertemu dengan orang jenis ini, namun kita akan selalu menemuinya dalam komunitas apapun. Omongan negatif seperti : ″Tidak mungkin rencana Anda bisa berhasil″ atau ″Idenya sih memang hebat, tetapi kalau dipraktekkan mana bisa menjadi kenyataan. Bikin ide kok nggak masuk akal.″ Biasanya kalau kita mendengar komentar seperti itu, kita menjadi tidak semangat dan merasa tidak dihargai. Orang yang mengutarakan ide itu pun merasa direndahkan dan bisa timbul bibit permusuhan.

Sahabat Riang, kalau kita bertemu dengan orang yang suka menghancurkan impian atau semangat orang lain, tetaplah berpikir positif dan yakin bahwa ide-ide yang Anda kemukakan bisa menjadi kenyataan. Jangan putus asa atau lemah iman karena itu menandakan Anda menyetujui ucapan negatif orang itu, namun tunjukkan Anda bisa dengan tetap semangat menjalankan ide itu. Jangan biarkan diri Anda tidak bertumbuh hanya gara-gara omongan negatif orang lain yang tidak suka melihat Anda maju. Kalau Anda tidak bertumbuh, Anda merugikan diri sendiri. Kalau Anda bertumbuh, Anda memuliakan nama Tuhan, menjadi berkat untuk diri sendiri, keluarga, dan komunitas Anda.

Kalau selama ini kita selalu mengeluarkan perkataan negatif kepada orang lain, belajarlah untuk tidak menjadi penghancur semangat atau impian orang lain. Dukung orang lain untuk sukses walaupun ide dan impiannya mustahil bagi Anda. Hanya orang-orang yang memiliki pikiran positif dan mau terus berusahalah yang akan menuai berkat dan kesuksesan. Kisah Kaleb dan Yosua hendaknya menjadi perenungan untuk kita semua agar menjadi orang-orang yang berpikir positif dalam situasi sulit sehingga berkat Tuhan tercurah dalam hidup kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Siang – Jumat, 27 April 2012
Pertanyaan    : Apakah aku suka mengeluarkan perkataan negatif?
Aplikasi          : Jangan menjadi penghancur impian orang lain.
Doa                 : Tuhan, ajar aku jadi penyemangat orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar